Pelatih Timnas Kosta Rika Mundur

Jumat, 25 Juli 2014 15:26 WIB
Penulis: Joko Sedayu | Editor: Jhon Purba
 Copyright:

Nama Jorge Luis Pinto meroket ketika membawa Kosta Rika menembus perempatfinal Piala Dunia Brasil 2014. Kini kesuksesan dia bersama Kosta Rika hanya menjadi kenangan usai dia memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih tim nasional.

Berhembus rumor pelatih 61 tahun itu berselisih paham dengan Federasi Sepakbola Kosta Rika (FEDEFUT). Perbedaan pendapat dengan FEDEFUT menjadi alasan utama Pinto untuk mundur sebagai pelatih.

"Saya sadar bahwa saya tidak akan bisa lagi mengandalkan kondisi seperti ini untuk melaksanakan pekerjaan saya," kata Pinto.

"Jadi permasalahan itu tidak memungkinan saya untuk mencapai kesepakatan dalam memperbaharui kontrak saya," sambung pelatih yang telah dua kali menangani Kosta Rika.

Di bawah asuhan Pinto, Kosta Rika membuat pencinta sepakbola geleng-geleng kepala di Piala Dunia Brasil 2014. Los Ticos Kosta Rika melaju ke sistem gugur setelah mengalahkan Uruguay dan Italia serta menahan imbang Inggris di penyisihan grup.

Di 16 besar, Kosta Rika menyingkirkan Yunani melalui adu penalti setelah bermain imbang 1-1 hingga waktu normal. Langkah Kosta Rika terhenti di perempatfinal ketika kalah adu penalti oleh Belanda.

Melatih Kosta Rika bukanlah yang pertama bagi Pinto. Sebelum kembali menjadi pelatih pada 2011, Pinto pernah melatih Kosta Rika pada 2004 hingga 2005. Pinto juga pernah melatih Kolombia pada 2007 hingga 2008.