Uruguay 3-3 (6-7 P) Kosta Rika

Kosta Rika Menang, Uruguay Urung Balas Dendam

Jumat, 14 November 2014 09:01 WIB
Editor: Joko Sedayu
 Copyright:

Pada pertandingan pembuka Grup D Piala Dunia Brasil 2014, Uruguay secara mengejutkan takluk dari tim sekelas Kosta Rika 1-3. Namun dalam kesempatan kedua dalam tajuk laga persahabatan, Uruguay gagal membalas kekalahan mereka dan kembali menelan kekalahan.

Tim tuan rumah kebobolan gol lebih dulu ketika Alvaro Alberto Saborio untuk membawa Kosta Rika memimpin 1-0 untuk Kosta Rika. Menerima umpan lambung dari Bryan Ruiz, Saborio lepas dari kawalan bek Uruguay dan bola hasil tandukkannya tidak mampu ditangkap kiper Fernando Muslera.

Tapi pada babak kedua Uruguay langsung bangkit dan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 ketika laga baru berjalan lima menit. Menerima umpan silang Cristian Rodriguez, bola disambut dengan baik oleh Luis Suarez. Setelah mengecoh bek Kosta Rika, tendangan keras Suarez membuat kiper Keylor Navas tidak berkutik.

Sayangnya satu menit berselang fans tuan rumah kembali terdiam ketika Bryan Ruiz membawa Kosta Rika kembali unggul 2-1. Sepakannya terarahnya dari luar kotak penalti tidak bisa dibendung oleh Muslera.

Tidak ingin dipermalukan di hadapan fans kesayangannya, Uruguay berusaha bangkit. Hasilnya mereka mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui gol Jose Gimenez pada menit ke-64. Sundulannya tidak mampu ditangkap Navas.

Estadio Centenario akhirnya bersorak keras ketika Edison Cavani membawa Uruguay membalikkan keadaan menjadi 3-2 pada menit ke-67. Menerima umpan dari Carlos Sanchez, sundulan Cavani kembali membuat jala gawang Kosta Rika bergetar.

Tapi saat skuad Uruguay bergegas untuk merayakan pesta kemenangan, Kosta Rika berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-91. Gol penyeimbang Kosta Rika berasal dari pemain pengganti Johan Venegas yang dengan mudah menceploskan bola ke gawang Muslera.

Usai gol Venegas, Uruguay sebenarnya memiliki kesempatan untuk kembali unggul. Namun waktu tiga menit tersisa gagal dimaksimalkan Suarez dan kawan-kawan. Dan ketika wasit meniup peluit panjang skor imbang 3-3 tidak berubah.

Skor imbang 3-3 memaksa wasit memainkan babak adu penalti. Ternyata pada babak tos-tosan tersebut dewi fortuna lebih berpihak kepada tim tamu. Kosta Rika keluar sebagai pemenang setelah menang adu penalti dengan skor 7-6.

Hasil tendangan penalti:

Suarez (Uruguay) - gol
Borges (Kosta Rika) - gagal
Jony (Uruguay) - gol
Ruiz (Kosta Rika) - gol
Ramirez (Uruguay) - gol
Saborio (Kosta Rika) - gol
Corujo (Uruguay) - gol
Gonzalez (Kosta Rika) - gol
Rios (Uruguay) - gagal
Duarte (Kosta Rika) - gagal
A. Pereira (Uruguay) - gol
Diaz (Kosta Rika) - gol
M. Pereira (Uruguay) - gol
Golobio (Kosta Rika) - gol
G. Pereira (Uruguay) - gagal
Gamboa (Kosta Rika) - gol

Susunan Pemain

Uruguay (4-4-2): Muslera; M. Pereira, Gimenez, Godin, A. Pereira; Sanchez (Corujo 80), Arevalo, Lodeiro (G. Pereira 68), C. Rodriguez (Ramirez 80); Suarez, Cavani (J. Rodriguez)

Kosta Rika (4-2-3-1): Navas; Gamboa, Gonzalez, Duarte, Diaz; Tejeda (Bustos 80), Borges; Ramirez (Venegas 57), Ruiz, Campbell (George 86); Saborio

1