Piala Afrika Mungkin Pindah ke Qatar

Kamis, 15 Januari 2015 02:00 WIB
Editor: Jhon Purba
 Copyright:

Kekhawatiran penularan virus Ebola menjadi penyebab perpindahan tuan rumah Piala Afrika. Sekretaris Jenderal Konfederasi Sepakbola Afrika (CAF) Hicham El Amrani mengatakan pihaknya serius mempertimbangkan untuk memindahkan penyelenggaraan Piala Afrika di Timur Tengah.

Menurut Hicham, tawaran Qatar untuk menjadi tuan rumah ajang itu akan diterima jika Guinea Khatulistiwa menolak untuk kembali menggelarnya mengingat negara tersebut telah menjadi tuan rumah pada 2012.

Negara penyelenggara Piala Afrika 2015 seharusnya adalah Maroko. Maroko meminta CAF untuk menunda perhelatan lantaran khawatir dengan penularan virus Ebola. Permintaan itu lantas ditolak CAF.

CAF kemudian mencabut hak Maroko untuk menjadi tuan rumah dan menyerahkannya ke Guinea Khatulistiwa. Negara bekas jajahan Spanyol itu memiliki empat stadion yang bisa digunakan sebagai tempat berlaga, yaitu Stadion Bata, Malabo, Ebebiyin dan Mongomo.

Aljazair dan Tunisia menjadi favorit untuk juarai Piala Afrika 2015. Enam negara lain yang diperkirakan akan melahirkan kejutan adalah Ghana, Guinea, Pantai Gading, Mali, Senegal dan Burkina Faso.

330