Bentuk Skuat Hebat, Ini Langkah PSSI untuk Dua Pelatih Timnas

Jumat, 12 Agustus 2016 19:04 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Ramadhan
© Herry Ibrahim/Indosport
Timnas senior saat ini dihuni banyak pemain muda. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport
Timnas senior saat ini dihuni banyak pemain muda.

PSSI memang tengah mempersiapkan dua tim nasional baik senior dan U-19. Keduanya dipersiapkan untuk mengikuti perhelatan piala AFF U-19 dan senior di tahun 2016.

Sebagai informasi, timnas U-19 di bawah komanda Eduard Tjong telah melakukan seleksi dan pemusatan seleksi di Yogyakarta. Tim Garuda Muda ini akan turun di ajang Piala AFF U-19 pada pertengahan September ini.

Sementara timnas Senior di bawah asuhan Alfred Riedl, juga telah melakukan seleksi tahap pertama dan akan bersiap melakukan seleksi gelombang kedua pada 15-18 Agustus mendatang.


Pelatih tim nasional senior, Alfred Riedl

Dalam persiapannya kali ini, PSSI selaku induk tertinggi federasi sepakbola Indonesia, akan memberikan kewenangan kepada masing-masing pelatih. Hal ini seperti dilontarkan oleh Pelaksana Tugas Ketua Umum PSSI, Hinca Panjaitan.


Pelaksana Tugas Ketua Umum PSSI, Hinca Panjaitan

“Soal timnas memang kita masih tunggu perkembangan, dan perihal kebutuhan pemain di luar list yang sudah dipanggil atau tidak, itu hak pelatih,” ucap Hinca.

“Seandainya nanti setelah training center pelatih butuh pemain baru, ya kita tinggal tunggu kebutuhan,” jelasnya.


Eduard Tjong (kanan) saat diperkenalkan sebagai pelatih tim nasional Indonesia U-19

Kebebasan ini diberikan PSSI bukan tanpa alasan. Sebab, bagi Hinca hal ini memang untuk mencari pemain yang benar-benar bagus.

“Prinsipnya kita ingin cari pemain terbaik. Seandainya pelatih butuh pemain yang bagus, maka kami berikan kewenangan bagi pelatih untuk pilih pemain,” tuntasnya.

332