(CUPLIKAN GOL) Belanda 1-1 Belgia: Oranje Loyo, The Red Devils Jaga Tren Positif

Kamis, 10 November 2016 05:14 WIB
Editor: Arief Rahman Hakim
 Copyright:

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Laga persahabatan besar terjadi di Amsterdam ArenA, antara tuan rumah, Belanda melawan negara kuat yang berhunikan bintang Liga Primer Inggris, Belgia. Pelatih Timnas Belanda, Danny Blind, menurunkan formasi 4-3-1-2.

Ia mengandalkan Jeremain Lens di lini depan bersama dengan Vincent Janssen, pergerakan mereka ditopang oleh Davy Klaasen. Belanda juga masih mencari inkonsistensi bermain, karena di lima laga terakhirnya hanya dua kali menang.

Sementara Timnas Belgia besutan Roberto Martinez memainkan formasi 3-4-3, di mana poros kekuatan mereka terletak di tiga pemain depan yang diisi Dries Mertens, Eden Hazard, dan Kevin de Bruyne.

Namun kabar buruk juga menghampiri mereka jelang laga dimulai, karena Vincent Kompany yang sudah didaftarkan Martinez sebagai starter, cedera saat tengah melakukan pemanasan dan digantikan oleh Christian Kabasele.

Permainan sendiri berlangsung dengan tempo normal, karena kedua tim sama-sama bermain hati-hati, agar tidak ada pemain yang cedera untuk laga kualifikasi Piala Dunia 2018 yang berlangsung setelah laga ini.

Penguasaan bola pun sedianya dimiliki Belgia, yang ironinya datang sebagai tim tamu, dan mengurung Belanda di zona bertahan mereka sendiri. Bahkan, Blind sudah terpaksa melakukan dua pergantian pemain di menit 15 dan 27 karena cedera, kala menarik keluar Stijn Schaars dan Janssen, menggantikan keduanya dengan Jordy Clasie dan Bas Dost.

Keunggulan kualitas pemain Belgia sangat terlihat di laga ini, karena mereka bertubi-tubi melancarkan serangan ke jantung pertahanan Belanda, yang solid dalam bertahan. Virgil van Dijk dan Jeffrey Bruma mampu menyulitkan lini depan Belgia yang kerap bertukar posisi.

Gol pun baru tercipta di menit 38 dari titik putih, namun bukan untuk Belgia, melainkan Belanda yang bermain efektif dalam memanfaatkan peluang. Bek Belgia, Jan Vertonghen, menjatuhkan Lens di kotak terlarang dan berbuah penalti.

Tanpa ampun, Klaassen mengonversi peluang itu menjadi gol. Skor pun menjadi 1-0 untuk Belanda, dan tak ada lagi gol yang tercipta di dua menit tambahan waktu babak pertama, hingga Belanda menutup babak pertama dengan keunggulan. Meski mereka kalah dari segi penguasaan bola.

Babak Kedua

Dua pergantian pemain juga terjadi di awal babak kedua, saat Martinez mengganti Thomas Meunier dengan Thomas Foket. Sementara di kubu Belanda, Klaassen ditarik keluar dan diganti dengan Joshua Brenet.

Belgia tetap mendominasi permainan dan menguasai penguasaan bola, namun mereka selalu menemui kesulitan tiap kali mencoba mendekati area penalti Belanda, yang menumpuk pemainnya di belakang.

Apalagi Belgia juga tidak bisa terlalu bermain terbuka, karena Belanda cukup berbahaya dalam melancarkan serangan balik. Skor belum berubah hingga menit 67, tiga perubahan kembali terjadi di kedua tim.

Di kubu Belgia, dua pemain, De Bruyne dan Mertens ditarik keluar Martinez, mereka diganti dengan Thorgan Hazard dan Romelu Lukaku. Kini, Belgia bermain dengan penyerang murni di lini depan.

Sementara Blind mengganti Lens dengan penyerang sayap Manchester United, Memphis Depay, karena ia cedera hamstring.

Laga memasuki 15 menit terakhir dan papan skor belum berubah, masih 1-0 untuk keunggulan Belanda. Serangan demi serangan yang dilancarkan Belgia pun akhirnya berbuah gol di menit 82.

Tendangan spekulatif Yannick Carrasco sedianya mampu dihalangi oleh Joel Veltman, namun sayang bagi Belanda, bola defleksi melambung dan jatuh ke gawang Belanda yang dikawal Maarten Stekelenburg. Belgia pun sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Tiga menit tambahan waktu diberikan ofisial pertandingan di penghujung babak kedua, tak ada lagi gol yang tercipta, dan papan skor berakhir imbang 1-1 antara Belgia dengan Belanda.

Susunan Pemain Kedua Tim:

Belanda (4-3-1-2): Maarten Stekelenburg; Daley Blind, Virgil van Dijk, Jeffrey Bruma, Joel Veltman; Stijn Schaars (Jordy Clasie 15’), Georginio Wijnaldum (Bart Ramselaar 89’); Wesley Sneijder (Tonny Vilhena 75’), Davy Klaassen (Joshua Brenet 46’); Jeremain Lens (Memphis Depay 67’), Vincent Janssen (Bas Dost 27’).

Pelatih: Danny Blind

Belgia (3-4-3): Simon Mignolet; Laurent Ciman, Jan Vertonghen, Christian Kabasele; Yannick Carrasco, Axel Witsel, Steven Defour (Yoeri Tielemans 85’), Thomas Meunier (Thomas Foket 46’); Kevin de Bruyne (Thorgan Hazard 64’), Eden Hazard, Dries Mertens (Romelu Lukaku 64’)

Pelatih: Roberto Martinez

437