Ketua KONI Buka Kongres Pemilihan PSSI

Kamis, 10 November 2016 11:18 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Gerry Anugrah Putra
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua Koni Tono Suratman memberi sambutan pada pembukan Kongres PSSI 2016. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua Koni Tono Suratman memberi sambutan pada pembukan Kongres PSSI 2016.

Kongres Pemilihan PSSI ini dipantau langsung oleh perwakilan pemerintah, yakni dari Kementrian Pemuda dan Olahraga, Gatot Dewa Broto. Ketua KONI diberi penghormatan untuk membuka Kongres PSSI.

“Pada kongres kali ini saya berharap pengurus baru PSSI bisa terbentuk demi kemajuan sepakbola Indonesia,” ujar Tono Suratman di Kongres Pemilihan PSSI.

“Saya ucapkan terimakasih atas kehadiran Kemenpora yg diwakili pak Gatot. Saya ucapkan kepada panitia menyelnggarakan Kongres PSSI dengan baik dan kongres ini secara resmi saya buka,” 

Tak hanya pidato pembukaan saja, kongres juga dibuka dengan doa dan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh plt ketua umum PSSI, Hinca Pandjaitan kepada Maulwi Saelan. Maulwi merupakan mantan ketua umum PSSI yang juga pernah menjadi penjaga presiden Soekarno.

Kongres kali ini akan memilih ketua umum PSSI yang saat ini ada sembilan kandidat yakni, Edy Rahmayadi, Erwin Aksa, Kurniawan Dwi Yulianto Bernhard Limbong, Moeldoko, Eddy Roempoko, Sarman Hakim, Tony Apriliani, dan Djohar Arifin.

Selain menetapkan ketua umum, kongres juga menetapkan wakil ketua umum dan anggota komite eksekutif. Kongres dihadiri oleh semua voters yang berjumlah 107, yang akan menentukan kepengurusan baru PSSI. 

144