Kualifikasi Piala Dunia 2018

(CUPLIKAN GOL) AS 1-2 Meksiko: Pecahkan Rekor 44 Tahun, El Tri Rusak 'Euforia' Donald Trump

Sabtu, 12 November 2016 10:49 WIB
Editor: Arief Rahman Hakim
 Copyright:

Kekalahan ini pun menjadi unik, karena berselang beberapa hari atas terpilihnya Presiden Amerika Serikat (AS) ke-45, Donald Trump, yang menggantikan Barack Obama.

Hasil ini pun tidak mengawali era Trump dengan baik, terutamanya di tengah ‘euforia’ pecahnya dua kubu di Negeri Paman Sam. Warga terpecah dua, satu mendukung Trump, sementara sisanya melakukan demo besar-besaran atas terpilihnya pengusaha AS itu.

Bukan hanya itu, kekalahan AS ini juga menodai rekor yang sudah bertahan selama 44 tahun, yakni kekalahan kandang di laga kualifikasi Piala Dunia dari Meksiko, di mana hal itu terakhir terjadi pada 1972.

Tanda-tanda kekalahan AS sedianya sudah terlihat di babak pertama, kala mereka digempur habis-habisan oleh tim besutan Juan Carlos Osorio. Giovani dos Santos, Javier Hernandez, hingga Carlos Vela terbukti merepotkan tuan rumah.

Gol pun sukses dilesakkan Miguel Layun di menit 20, kala ia melepaskan tendangan mendatar dari luar kotak penalti dan mengenai tubuh bek AS, sebelum bola bergulir ke pojok kiri gawang AS yang dijaga Tim Howard.

Malapetaka bertambah bagi AS, saat di menit 40 Howard cedera dan tidak dapat melanjutkan laga, hingga digantikan oleh Brad Guzan. Pergantian itu pun mengakhiri drama di babak pertama dengan skor 1-0 untuk Meksiko.

Di babak kedua AS baru meningkatkan tempo serangannya dan berbalik menekan Meksiko, melalui motor serangan mereka yang bermain di Borussia Dortmund, Christian Pulisic.

Gol yang dinanti pun muncul di menit 49. Bobby Wood melewati bek Meksiko kala menerima bola dari Jozy Altidore, sebelum akhirnya mengoyak gawang Meksiko yang dijaga Alfredo Talavera.

Laga selanjutnya berjalan sengit karena jual beli serangan terjadi, satu gol akan sangat krusial bagi masing-masing tim. Hal yang ditakutkan tuan rumah pun terjadi tepat di penghujung laga.

Berawal dari situasi sepak pojok yang diambil Layun, bola disambar oleh mantan bek Barcelona berusia 37 tahun, Rafael Marquez, dengan tandukkan kepalanya. Gol di menit 89 itu pun menutup laga dengan dramatis bagi Meksiko, dan pahit bagi AS, di tengah atmosfer terpilihnya Trump.

AS kini berada di peringkat empat kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Concacaf dengan koleksi poin nol dari satu laga yang telah berlangsung, sementara Meksiko tiga.

Susunan Pemain Kedua Tim:

Amerika Serikat (3-5-2): Tim Howard (Brad Guzan 40’); Matt Besler (Michael Orozco 81’), John Brooks, Omar Gonzalez; Michael Bradley, Fabian Johnson, Jermaine Jones, Christian Pulisic, Timothy Chandler (Deandre Yedlin 74’); Jozy Altidore, Bobby Wood

Pelatih: Jurgen Klinsmann

Meksiko (3-5-2): Alfredo Talavera; Rafael Marquez, Diego Reyes (Hugo Ayala 46’), Hector Moreno; Miguel Layun, Jesus Corona, Hector Herrera, Andres Guardado (Carlos Salcedo 28’), Carlos Vela (Hirving Lozano 73’); Giovani dos Santos, Javier Hernandez

Pelatih: Juan Carlos Osorio

472