Donald Trump Jadi Presiden, AS dan Meksiko Terancam Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2026?

Senin, 14 November 2016 05:19 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
 Copyright:

Donald Trump telah resmi menjadi Presiden AS yang baru. Calon presiden (capres) Partai Republik itu mengalahkan capres Partai Demokrat, Hillary Clinton dalam Pemilihan Umum (Pemilu) yang diselenggarakan pada 8 November 2016.

Trump unggul dalam perolehan electoral votes dari Hillary Clinton. Trump saat ini sudah memiliki 290 electoral votes atau unggul 62 suara dari Hillary Clinton. Meski baru diumumkan pada 29 November mendatang, perolehan suara Trump sudah tidak mampu dikejar Hillary Clinton.
 


Presiden AS terpilih, Donald Trump.

Terpilihnya Trump menjadi Presiden AS ke-45 membuat sejumlah warga AS dan dunia was-was. Maklum, Trump kerap melontarkan statement yang mengundang permusahan warga dunia. Salah satunya membangun tembok perbatasan AS dan Meksiko.

Tembok itu dibangun agar para warga ataupun imigran Meksiko tidak dapat masuk ke AS. Menurut Trump, warga Mesiko yang masuk ke AS hanya meningkatkan angka kejahatan, seperti bandar narkoba, pemerkosaan, hingga tindak kriminal.

Situasi ini membuat Federasi Sepakbola Amerika Serikat (USSF) pusing. Pasalnya, USSF berencana mengajak Meksiko untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2026.
 


Presiden AS terpilih, Donald Trump.

Untuk itu, Presiden USSF, Sunil Gulati mengatakan, pihaknya akan berupaya membangun komunikasi dengan Trump. Hal itu dilakukan agar AS dan Meksiko bisa kerja sama untuk mewujudkan menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2026. Tak hanya itu, komunikasi itu diperlukan agar tidak ada lagi statement yang membuat hubungan baik USSF dengan negara zona CONCACAF menjadi retak.

"Trump adalah Presiden Amerika Serikat per 20 Januari 2017. Kami akan kerja sama dengan dia," kata Gulati, seperti dikutip dari Los Angeles Times.
 


Timnas Amerika Serikat.

Memang tidak mudah menjalin hubungan dengan Trump. Maklum, USSF dikenal mempunyai hubungan baik dengan Partai Demokrat, lawan partai pengusung Trump.

USSF dikenal dengan dengan suami Hillary Clinton yang merupakan mantan Presiden AS, Bill Clinton. Contohnya, Clinton pernah membantu USSF mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

142