Torabika Soccer Championship 2016

7 Bulan Bersama Persija, Hong Soon-hak Bandingkan Indonesia dan Korea

Senin, 21 November 2016 21:45 WIB
Editor: Mitjanna Lotusina Rangkuti
 Copyright:

Hong Soon-hak berbagi cerita pengalaman ketika bermain di negara asalnya, Korea Selatan. Pemain Persija Jakarta itu menceritakan bagaimana perbedaan bermain di Indonesia dan di Korsel.

Perbedaan yang paling mencolok bagi Soon-hak adalah iklim tropis Indonesia yang jauh berbeda dengan kondisi di Korsel. "Di sini hanya ada dua pilihan, cerah atau hujan. Sedangkan di Korea, ada panas, angin dingin, bahkan salju. Meski, jarang hujan di sana," kata Soon-hak saat ditemui INDOSPORT.

Menurutnya, kondisi cuaca di Indonesia lebih baik bagi para pemain dan kondisi lapangan. Kondisi rumput di lapangan-lapangan stadion tanah seharusnya bisa lebih baik dibandingkan di Korea karena cuaca yang lebih stabil.
 


Hong Soon-hak membandingkan pengalaman bermain di Korea Selatan dan Indonesia.

Yang terjadi justru sebaliknya, rumput di lapangan stadion Tanah Air lebih buruk dibandingkan di Negeri Ginseng. Bahkan, rumput di stadion besar seperti Stadion Utama Gelora Bung Karno saja masih belum optimal. 

Menurut Soon-hak, kondisi rumput di lapangan menjadi sangat penting karena mampu mempengaruhi permainan tim di lapangan. "Kalau rumput bagus, pemain bisa tampil lebih optimal," ujar Soon-hak.

Semoga saja cerita Soon-hak ini bisa menjadi masukan bagi penyelenggara dan pengelola kompetisi sepakbola Tanah Air untuk bisa memperbaiki kualitas medan lapangan.

811