SEA Games 2017

Prestasi Mendem, Timnas Indonesia Terancam Absen di SEA Games

Rabu, 23 November 2016 19:39 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Hendra Mujiraharja
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-23 terancam tidak bisa berangkat ke SEA Games 2017. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-23 terancam tidak bisa berangkat ke SEA Games 2017.

Sebelumnya pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan syarat yang tak mudah jika ingin sepakbola dikirim ke SEA Games 2017 di Malaysia.

Kemenpora ingin Timnas Indonesia untuk dapat meraih peringkat ke-2 di ajang Piala AFF 2016 yang sedang berlangsung, jika ingin dikirim ke gelaran SEA Games 2017.

Peluang itu sangat berat, meski masih terbuka. Sebab, Indonesia menjadi juru kunci di klasemen sementara Grup A. Namun hal tersebut ditanggapi dengan santai oleh pihak PSSI.

Ade Wellington selaku Sekretaris Jenderal PSSI menyatakan, Timnas yang dikirim ke SEA Games bukan Timnas senior saat ini melainkan Timnas U-23. Karenanya, ia berharap agar Timnas Indonesia tetap bisa ambil bagian dalam kejuaraan dua tahunan tersebut.
 

Sekretaris Jenderal PSSI, Ade Wellington. 

“Kalau saya berharap kita tetap ikut SEA Games yah. Kan timnya juga berbeda. Untuk SEA Games biasanya yang dikirim kan U-23,” ujarnya kepada INDOSPORT.

Akan tetapi, Ade memilih untuk bungkam saat ditanya apakah PSSI akan membiayai atau mendanai semua kebutuhan Timnas jika benar dikirim ke SEA Games 2017 nanti.

Sementara itu angin segar tampaknya diperoleh PSSI. Pasalnya, Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) telah memberikan pernyataan, bahwa akan tetap memberangkatkan cabang olahraga sepakbola meski bukan merupakan cabang unggulan.

Alasannya adalah sepakbola adalah olahraga masyarakat, sehingga mereka tidak ingin melukai atau membuat marah rakyat Indonesia yang pada umumnya sangat menyukai sepakbola.

730