Guus Hiddink Terlalu Mahal, 5 Kandidat Pelatih Ini Tak Kalah Kelas Tangani Timnas Indonesia

Senin, 26 Desember 2016 05:30 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Ramadhan
 Copyright:

Menpora Imam Nahrawi kembali melemparkan wacana untuk merekrut pelaih top Eropa guna menangani Skuat Garuda yang terdekat akan berjibaku di ajang SEA Games 2017. Nama mantan pelatih Real Madrid, Guus Hiddink pun ‘dijagokan’ oleh Imam untuk membesut Timnas.

Hal tersebut bukan pertama kalinya terjadi, sebelumnya Imam juga pernah mengusulkan kepada PSSI untuk merekrut pelatih Chelsea, Jose Mourinho sebagai pelatih.

Namun, tampaknya PSSI masih jauh dari harapan tersebut, karena pada akhirnya mereka memilih untuk kembali mengontrak Alfred Riedl sebagai pelatih Skuat Garuda.

Meski tak sehebat Mourinho, Riedl mampu membuktikan kapasitasnya kali ini sebagai pelatih Timnas Indonesia. Membesut Timnas yang baru saja lepas dari sanksi FIFA, pelatih asal Austria tersebut dapat dikatakan sukses.

Ia berhasil membawa Boaz Solossa cs ke final Piala AFF 2016, meskipun akhirnya tumbang di tangan Thailand dengan agregat skor 2-3 di laga final. Namun kontrak Riedl akan berakir di penghujung tahun ini dan PSSI pun belum memastikan apakah akan memperpanjang kontrak pelatih yang juga pernah menangani Timnas Vietnam tersebut.

Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl berhasil membawa Skuat Garuda ke babak final Piala AFF 2016.

Mendapat ‘saran’ dari Kemenpora untuk merekrut Hiddink tampaknya merupakan hal yang terlalu muluk-muluk bagi PSSI. Jika bersikap realistis, merekrut mantan arsitek Chelsea tersebut tentunya nyaris mustahil.

Faktanya, Hiddink sendiri tak pernah punya pengalaman menangani sebuah negara yang peringkatnya nyaris berada di papan bawah dalam ranking FIFA.

Indonesia kini berada di peringkat ke-171 dunia versi FIFA, sementara pelatih Belanda tersebut tercatat pernah menangani Timnas Rusia pada medio 2006 hingga 2010, tim Beruang Merah kini berada di peringkat ke-56 dunia.

Namun bukan berarti Indonesia mustahil merekrut Hiddink, eks pelatih Belanda itu juga punya kemungkinan besar untuk menurunkan standarnya. Apalagi ia punya sejarah pernah menangani Timnas negara Asia, yakni Korea Selatan.


Guus Hiddink saat masih melatih Chelsea di Liga Primer Inggris.

Namun ketimbang terlalu muluk-muluk memimpikan Guus Hiddink atau pelatih papan atas Eropa lainya, Indonesia harus bersikap realistis. Masih banyak pelatih lokal maupun impor yang sudah akrab dengan atmosfer sepakbola Tanah Air dan kiprahnya pun diakui.

Berikut INDOSPORT menyajikan 5 nama kandidat pelatih yang punya kiprah cukup gemilang di Indonesia dan dianggap cocok untuk menangani Skuat Garuda.

3.4K