3 Trofi Juara Hingga Banderol Transfer, Modal Ezra Walian Kejar Impian Berseragam Skuat Garuda

Minggu, 1 Januari 2017 19:01 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono
 Copyright:

Pemuda berusia 19 tahun itu mengaku jantungnya selalu berdegup kencang, darahnya memanas, kakinya terasa gatal tak mampu menahan gejolak cinta yang membuncah acap kali menatap seragam Merah-Putih berlogo burung Garuda.

Ezra merasakan dorongan yang kuat untuk tampil membela Skuat Garuda, dimaklumi karena dalam tubuhnya mengalir darah Indonesia dari bapaknya, Glenn Walian yang merupakan putra Manado yang lahir dari keturunan Manado-Bangka.

"Mimpi saya bermain di Timnas. Saya Cinta Indonesia!," barisan kata yang terlontar dari mulutnya saat datang ke Indonesia dan berkesempatan untuk bermain dalam sebuah laga persahabatan yang digelar PSSI di Komplek Kopassus, Cijantung pada penghujung tahun 2016 lalu.

Perjuangan sang senior Stefano Lilipaly, yang lebih dahulu berkesempatan manggung dalam balutan seragam Merah-Putih di kancah Piala AFF 2016 semakin membuat semangatnya bergelora.

"Mungkin (mengikuti jejak Lilipaly). Namun saya tidak pernah tahu (ke depannya)," ujar Ezra Walian ketika ditemui wartawan selepas pertandingan eksebisi.

Pengalaman merumput dan mengukir sejumlah catatan prestasi di Belanda, negara yang memiliki kultur dan budaya sepakbola lebih maju ketimbang Indonesia menjadi modal yang kian membesarkan rasa percaya dirinya untuk bisa berbuat banyak bersama Skuat Garuda.

Ezra memiliki segudang pengalaman menarik sejak bakatnya pertama kali ditemukan oleh seorang pemandu bakat dari akademi AZ Alkmaar saat usianya belum genap 10 tahun. 

Bakat alami, insting, serta ketajaman dalam mencetak gol yang dimilikinya mengantarkan ia dipanggil Timnas Belanda U-15 hingga dirinya mendapat kepercayaan untuk mengemban ban kapten The Oranje di lengannya. 

Dari sanalah kemudian cerita Ezra menggapai impian menjadi bagian dari tim muda dari klub pemilik empat gelar Liga Champions Eropa, Ajax Amsterdam dimulai. Namun mimpi besar Ezra belum berakhir, kini ia berharap bisa membela Timnas Indonesia dengan sederet rekam prestasi yang ia miliki. 

Bagaimana rekam prestasi Ezra dalam menggapai impiannya? Berikut sekelumit kisah yang berhasil terangkum INDOSPORT dari berbagai sumber.

3.9K