Dukung Reformasi Konstitusi Erdogan, Arda Turan Terjun ke Politik?

Kamis, 26 Januari 2017 17:17 WIB
Penulis: Cosmas Bayu Agung Sadhewo | Editor: Joko Sedayu
 Copyright:

Gelandang serang berusia 29 tahun tersebut tidak sendiri dalam menyatakan dukungannya terhadap Presiden Erdogan. Ia bersama dengan Burak Yilmaz dan legenda sepakbola Turki, Ridvan Dilmen, juga ikut mendukung gagasan tersebut.

"Kami ingin negara Turki yang kuat. Oleh karenanya, kami (ia dan Yilmaz) ingin bergabung dalam membuatnya," ucap Turan di dikutip Marca.

"Erdogan akan membuat sebuah negara yang maju, dan saya akan setia kepadanya," tambahnya.

Arda Turan (kanan) saat bersama Erdogan.

Pernyataan Turan ini menjawab dari pertanyaan yang dilakukan oleh Dilmen. Saat itu, Dilmen diwawancara oleh AFP News perihal komentarnya tentang reformasi konstitusi yang akan dilakukan oleh Presiden Erdogan.

"Tanah Air kita sudah melalui masa sulit dalam beberapa tahun terakhir. Ini seperti perang terhadap kemerdekaan," ucapnya kepada AFP.

"Saya menginginkan Turki yang kuat. Saya jelas mendukung reformasi konstitusi Erdogan. Jadi, apakah Anda juga akan mendukungnya, Turan?" ucap Dilmen bertanya kepada Turan.

Ridvan Dilmen (kiri) bersama Mesut Ozil (dua kiri), serta Erdogan (dua kanan).

Seperti yang kita ketahui, parlemen Turki akan menggelar pemungutan suara yang membahas tentang paket reformasi konstitusi. Paket reformasi konstitusi ini akan memperluas kekuasaan Presiden Tayyip Erdogan yang dinilai sebagai langkah lain menuju kepresidenan eksekutif.

Sebelumnya, Arda Turan serta beberapa pesepakbola Turki lainnya pernah mendukung secara vokal kepada Erdogan mengenai kinerjanya saat masih menjadi perdana menteri dari tahun 2003 hingga 2014.

Tampaknya dukungan Turan kepada Erdogan sebagai persiapan dirinya jika pensiun dari dunia sepakbola. Pemain yang bersinar bersama Atletico Madrid itu mungkin akan terjun ke dunia politik di masa mendatang.