On This Day: Lahirnya Pelatih Seksi Der Panzer, Pemecah Rekor Piala Dunia

Jumat, 3 Februari 2017 05:24 WIB
Penulis: Cosmas Bayu Agung Sadhewo | Editor: Hendra Mujiraharja
© Indosport/Getty Images
Pelatih Timnas Jerman, Joachim Low. Copyright: © Indosport/Getty Images
Pelatih Timnas Jerman, Joachim Low.

Schonau im Schwarzwald, adalah nama tempat sekaligus saksi bisu dari lahirnya Joachim Low. Pria yang kini berusia 57 tahun ini telah berkecimpung di dunia sepakbola sejak 1978. Kala itu, klub pertama yang dibelanya berasal dari divisi 2 Bundesliga, SC Freiburg.

Dalam kariernya sebagai pesepakbola, dirinya bermain di posisi penyerang tunggal. Total 89 gol telah ia cetak dari 314 laga yang telah ia jalani dengan berbagai klub. Puncaknya tentu saat dirinya membela klub kampung halamannya, SC Freiburg.


Joachim Low (kanan) saat masih bermain untuk SC Freiburg.

Bersama Breisgau-Brasilianer, dirinya telah mencetak 82 gol dari 262 laga yang dilakoni. Sempat memperkuat VfB Stuttgart, Eintracht Frankfurt, serta Karlsruher SC, dirinya tidak pernah sekalipun meraih trofi saat masih bermain di atas lapangan.

Justru, raihan trofi pertamanya terjadi saat dirinya menjadi asisten manajer Rolf Fringer. Saat itu ia menjadi asisten manajer untuk VfB Stuttgart di musim 1996/97, dan meraih trofi DFB Pokal setelah mengalahkan Fortuna Koln melalui adu penalti dengan skor 4-1.


Joachim Low (kiri) bersama Rofl Fringer (kanan) saat masih menangani VfB Stuttgart.

Kini, Low telah menjadi sosok yang fenomenal. Mengepalai Timnas Jerman sejak Juli 2006 lalu, dirinya banyak memecahkan rekor dunia bersama Der Panzer.

Memperingati hari jadinya, INDOSPORT akan sajikan beberapa fakta kehidupan pribadinya, perjalanan karier serta rekor-rekor yang telah ia pecahkan bersama Der Panzer.

399