Dua Stadion 'Saling Sikut' Demi menjadi Tuan Rumah Final Liga Champions

Sabtu, 4 Februari 2017 03:14 WIB
Penulis: Cosmas Bayu Agung Sadhewo | Editor: Yohanes Ishak
© Goal.Baidu
Estadio Metropolitano Stadium. Copyright: © Goal.Baidu
Estadio Metropolitano Stadium.

Dua stadion tersebut datang dari kota Madrid, Spanyol, serta kota Baku dari Azerbaijan. Kedua stadion tersebut nantinya akan menjadi venue dari final Liga Champions 2019.

Setelah melakukan prosedur tender untuk final Liga Champions 2019 pada bulan Desember lalu, UEFA mengkonfirmasi bahwa Baku Olympic Stadium serta Estadio Metropolitano adalah pilihan yang sempurna dalam melakukan laga final Liga Champions 2019.

Dilansir oleh ESPN, Baku Olympic Stadium sebenarnya sudah menjadi target untuk laga final Liga Champions 2019 sejak bulan September 2016 lalu. Apabila Baku Olympic Stadium terpilih untuk menjadi venue dari laga final, maka ini kali pertama final Liga Champions terjadi di negara Azerbaijan.

Sedangkan untuk Madrid, bila Estadio Metropolitano nantinya terpilih maka ini kali kedua kota Madrid menjadi venue untuk laga final Liga Champions dalam satu dekade terakhir.

Laga final Liga Champions terakhir kali digelar di kota Madrid, saat Inter Milan dibawah asuhan Jose Mourinho membawa pulang si Kuping Besar. Saat itu Inter mengalahkan Bayern Munchen dengan skor 2-0 di Santiago Bernabeu Stadium.

Wanda Metropolitano, yang nantinya akan menjadi kandang Atletico Madrid.

Perbedaannya terletak pada stadion yang dipilih di kota Madrid. UEFA akan menggunakan Estadio Metropolitano yang akan menjadi kandang Atletico Madrid, bila pembangunan stadion tersebut kelar nantinya.

Namun Baku Olympic Stadium akan tersingkir dari pemilihan venue final Liga Champions 2019, bila dipilih menjadi venue dalam laga final Europa League 2019. Hal ini dikarenakan tidak diperbolehkannya 1 venue dalam 2 laga final yang diadakan oleh UEFA.

3.2K