Tak Mau Kalah dari Korsel, PSSI Targetkan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Senin, 6 Februari 2017 12:46 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Tengku Sufiyanto
© Herry Ibrahim/Indosport
Sekjen PSSI, Ade Wellington. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport
Sekjen PSSI, Ade Wellington.

Asosiasi Sepakbola Asia (AFC) direncanakan bakal menggelar kongres pemilihan 8 Mei 2017 mendatang. Dalam kongres tersebut, mencari empat Anggota Dewan FIFA dari benua Asia, serta satu kursi Wakil Presiden AFC mewakili kawasan Asia Timur.

Total sudah delapan kandidat yang mendaftarkan diri. Nasib mereka berada di para anggota AFC, termasuk Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).
 


Asosiasi Sepakbola Asia, AFC akan menggelar kongres pada tanggal 8 Mei 2017.

Sekjen PSSI, Ade Wellington, menyebut pihaknya akan memilih kandidat anggota dewan AFC yang memberikan dukungan penuh untuk sepakbola Indonesia. PSSI ingin agar nantinya anggota AFC terpilih bisa memberikan bantuan untuk berbagai program masa depan sepakbola Indonesia.

"Ada beberapa yang akan datang ke sini, seperti Presiden Federasi Sepakbola Korea Selatan (Chung Mong-gyu). Presiden AFC bulan ini datang, kita dengarkan apa yang bisa mereka berikan untuk Indonesia," ujar Ade Wellington.

"Kita mendukung pembinaan pemain muda, mungkin pemain kita bisa training atau bisa ditampung di J-League. Kita tidak mungkin minta dukungan uang. Yang penting bisa support dan sinergi untuk federasi ke depannya. Bisa kita minta bantuan saat ada rencana," tambah Ade.
 


Korea Selatan pernah sukses menyelenggarakan Piala Dunia bersama Jepang.

Salah satu rencana yang ingin diwujudkan Indonesia ialah menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 atau U-20. Tentunya hal tersebut untuk bisa menyejajarkan Indonesia dengan Korea Selatan (Korsel) atau Myanmar.

Korsel sudah menjadi tuan rumah Piala Dunia bersama Jepang pada tahun 2002. Negeri Gingseng juga pernah menyelenggarakan Piala Dunia U-17 pada tahun 2007. Korsel akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun ini.

Myanmar sendiri pernah menjadi tuan rumah Piala Asia U-19 pada tahun 2014 lalu. Saat itu, Qatar U-19 keluar sebagai juara dengan mengalahkan Korea Utara dengan skor 1-0 pada laga final. 

"Misalnya kita punya rencana jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 atau U-20.  Myanmar saja sudah jadi tuan rumah Piala Asia U-19, masa kita tidak bisa," tutup Ade.

1.8K