Copa del Rey

(VIDEO) Dua Keputusan Kontroversial Wasit di laga Barcelona vs Atletico Madrid

Rabu, 8 Februari 2017 09:58 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
© Getty Images
Wasit Jesus Gil Manzano memberikan kartu merah pada Luis Suarez. Copyright: © Getty Images
Wasit Jesus Gil Manzano memberikan kartu merah pada Luis Suarez.

Kepemimpinan wasit Jesu Gil Manzano di laga Barcelona vs Atletico Madrid pada semifinal leg kedua Copa del Rey, di Camp Nou, Rabu (08/02/17) malam WIB, mengundang banyak kritikan. Keputusan kontroversial dan hujan kartu selama 90 menit, dilakukan Manzano pada laga tersebut. Total ia mengeluarkan 11 kartu kuning dan 3 kartu merah.

Luis Suarez adalah korban dari hujan kartu yang dilakukan Manzano. Penyerang asal Uruguay tersebut harus keluar lapangan usai mendapat kartu kuning kedua pada menit 90, hanya selang tiga menit dari kartu kuning pertamanya di menit 87. 

Suarez merasa dirinya tidak melakukan pelanggaran saat berebut bola dengan Koke. Mantan striker Liverpool itu pun meminta Barcelona untuk banding atas kartu merah tersebut.

Selain insiden kartu merah Luis Suarez, keputusan kontroversial wasit yang tak kalah mengundang kritik adalah ketika asisten wasit menganulir gol Antoine Griezmann. Gol tersebut terjadi di menit 59, saat Griezmann mendapat umpan terobosan dari rekannya dan berhasil melepaskan tendangan terukur ke gawang Jasper Cillessen.

Terlihat dalam tayangan video di atas, posisi Griezmann sebenarnya sejajar, bahkan sedikit di belakang Gerard Pique. Artinya, penyerang asal Prancis tersebut berada dalam posisi onside, tapi wasit malah berkehendak lain. 

Seandainya gol tersebut sah dan tidak dianulir, cerita akhir mungkin akan sedikit berbeda. Terlebih Atletico unggul jumlah pemain saat gol tersebut terjadi, karena Barcelona sudah mendapat kartu merah pertama yang didapat oleh Sergio Roberto di menit 57.

Kedua tim pun merasa kecewa, baik kubu Barcelona dan Atletico Madrid berniat mempermasalahkan kinerja sang pengadil lapangan.

Laga tersebut berakhir imbang 1-1. Masing-masing gol dicetak oleh Luis Suarez dan Kevin Gameiro untuk Atletico. Barcelona menang aggregate 2-3 dan berhak lolos ke partai final Copa del Rey yang akan dihelat pada 28 Mei 2017 mendatang.

Penulis: Juni Adi

612