Liga Champions

Aubameyang Gagal Eksekusi Penalti, Pelatih Dortmund Beberkan Alasannya

Rabu, 15 Februari 2017 10:38 WIB
Penulis: Cosmas Bayu Agung Sadhewo | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Borussia Dortmund kalah saat berkunjung ke Stadion da Luz, markas Benfica, dalam laga lanjutan leg pertama perempatfinal Liga Champions 2016/17. Die Borussen tidak bisa membalas gol tunggal Kostas Mitroglou di menit 48.

Dortmund memiliki kesempatan untuk membalas lewat penalti yang terjadi di menit 58. Namun sayang, sang algojo, Pierre-Emerick Aubameyang, gagal menjalankan tugasnya dengan baik karena bola hasil tendangannya berhasil berhasil ditangkap kiper Ederson.

Melihat hal tersebut, sang pelatih Thomas Tuchel memberikan alasannya. Menurut pelatih kelahiran 43 tahun silam ini, Aubameyang sedang tidak dalam kondisi fit untuk bermain menghadapi Benfica.

“Aubameyang sedang tidak dalam kondisi yang fit. Seperti yang kita ketahui, dirinya belum lama kembali dari Piala Afrika 2017,” ungkapnya dikutip ESPN.

Penyesalan Aubameyang saat mengeksekusi penalti.

“Saat bermain, dirinya memperlihatkan bahasa tubuh yang menandakan bahwa dia masih mengalami kelelahan. Hal itu terlihat jelas pasca dirinya gagal mengeksekusi penalti,” tuturnya.

Namun begitu, Tuchel tetap mengapresiasi permainan anak asuhnya. Dirinya menganggap bahwa mereka bermain baik, namun mereka gagal dalam membaca perubahan strategi lawannya.

“Menurut saya, kami bermain bagus. Kami luar biasa di atas lapangan, hanya saja permasalahan timbul saat berada di depan gawang lawan. Kita juga gagal dalam membaca perubahan strategi lawan, sehingga kita kecolongan satu gol,” tungkasnya.

Dengan hasil ini, Die Borussen harus mencetak setidaknya dua gol tanpa balas di Signal Iduna Park, bila ingin lolos ke fase selanjutnya. Leg kedua sendiri akan diadakan pada 9 Maret 2017 nanti.