Cerita Wasit yang Pernah Diselamatkan Schweinsteiger

Rabu, 1 Maret 2017 10:14 WIB
Editor: Hendra Mujiraharja
© Ronny Hartmann/Bongarts/Getty Images
Babak Rafati saat masih memimpin pertandingan di Bundesliga. Copyright: © Ronny Hartmann/Bongarts/Getty Images
Babak Rafati saat masih memimpin pertandingan di Bundesliga.

Saat masih memperkuat Bayern Munchen, Bastian Schweinsteiger pernah menjadi seorang pahlawan. Ya, mantan kapten Bayern Munchen itu pernah menyelamatkan nyawa seorang wasit yang nyaris bunuh diri karena depresi, Rabu (01/03/17).

Insiden itu terjadi pada November 2011. Ketika itu, Rafati masih bekerja menjadi seorang wasit. Namun, ada sebuah insiden yang membuat pria yang kini berusia 46 tahun itu menjadi depresi dan nyaris melakukan bunuh diri.

Babak Rafati saat masih menjadi wasit.

“Lalu saya mulai membuat kesalahan, saya menemukan diri saya mulai terasingkan dan tidak boleh memimpin sebuah pertandingan di Bundesliga selama beberapa pekan,” cerita Rafati.

Akan tetapi, Rafati mengurungkan niat buruknya tersebut. Pasalnya, dia mendapatkan sebuah surat dari Schweinsteiger.

“Mr Rafati, setiap orang sering mengalami masalah dalam kehidupan. Namun, Anda harus bisa bangkit setiap saat. Saya mendoakan Anda yang terbaik,” tulis Schweinsteiger.

Bastian Schweinsteiger saat masih menjadi pemain Bayern Munchen.

Berkat surat yang ditulis oleh pemain yang kini memperkuat Manchester United itu, Rafati pun mengurungkan niatnya untuk melakukan bunuh diri.

“Hati saya benar-benar tergerak. Dia tidak harus melakukan itu. Dia tahu saya tidak akan pernah menjadi wasit lagi setelah insiden itu. Ini adalah sikap yang manusiawi,” kata Rafati. 

2.3K