Ada Cita Rasa Barcelona dalam Latihan Kiper Timnas Indonesia

Rabu, 8 Maret 2017 14:19 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Ahmad Priobudiyono
© Herry Ibrahim/Indosport
Sesi Latihan kiper Timnas U-22. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport
Sesi Latihan kiper Timnas U-22.

Kiper Persiba Balikpapan, Kurniawan Kartika Adjie menjadi satu-satunya kiper yang selalu masuk dalam daftar panggil pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla. Setidaknya dia sudah tiga kali mengikuti seleksi yang digelar pelatih asal Spanyol ini.

Kurniawan Adjie sudah dipanggil Luis Milla sejak seleksi tahap pertama yang digelar pada akhir Februari lalu. Lalu, pada seleksi tahap kedua, penjaga gawang asli Balikpapan ini kembali dipanggil Luis Milla.

Kini pada seleksi ketiga yang kembali di gelar Luis Milla pada 7-9 Maret di Lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang, Nama Kurniawan Adjie kembali dipanggil Luis Milla.

Kurniawan Kartika Adjie dalam sebuah sesi latihan bersama Persiba Balikpapan.

Terus mengikuti seleksi Timnas Indonesia, tentu Kurniawan Adjie sudah paham betul akan materi yang diberikan pelatih kiper Timnas Indonesia, Eduardo Perez. Bagi dia memang ada perbedaan materi latihan yang dapatkan.

"Ada perbedaan sedikit antara latihan di Timnas dan klub. Perbedaannya lebih fokus ke berani main, kuasai bola, dan harus bisa hadapi satu lawan satu," ucap Kartika Adjie.

Memang bila berkaca dengan pola latihan yang diterapkan oleh Luis Milla dan  Eduardo Perez, Timnas Indonesia akan mengusung sedikit pola permainan Tiki-taka. Format yang kerap diterapkan oleh tim-tim besar Spanyol seperti Barcelona ini memang mengharuskan penjaga gawang dapat menahan dan menguasai, serta mengoper bola.

1.2K