Liga Europa

(CUPLIKAN GOL) Manchester United Tertahan di Rusia

  • Manchester United bertamu ke Stadion Olimp 2 dalam laga leg pertama Liga Europa, melawan Rostov FC.

  • Henrikh Mkhitaryan sempat membuat Setan Merah unggul 1-0 di babak pertama.

  • Aleksandr Bukarov mencetak gol penyama kedudukan pada menit 53.

  • Skor imbang sama kuat 1-1 menjadi modal penting untuk skuat Jose Mourinho di leg kedua nanti.

Jumat, 10 Maret 2017 02:58 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© ALEXANDER NEMENOV/Getty Images
Paul Pogba ketika melawan Rostov FC. Copyright: © ALEXANDER NEMENOV/Getty Images
Paul Pogba ketika melawan Rostov FC.

Manchester United bertamu ke Stadion Olimp 2, markas Rostov FC, dalam laga lanjutan leg pertama babak perdelapanfinal Liga Europa pada Jumat (10/03/17) dini hari WIB. Bermain dengan suhu yang dingin, pelatih Jose Mourinho menurunkan Ibrahimovic dan Mkhitaryan guna mencuri gol tandang di leg pertama ini.

Babak Pertama

Berkunjung ke Stadion Olimp 2, markas Rostov FC, anak asuh Jose Mourinho langsung melancarkan serangan ke lini pertahanan tuan rumah guna meraih gol tandang mereka.

Serangan demi serangan coba dibangun oleh skuat Manchester United. Namun, hanya kartu kuning yang diperoleh Mkhitaryan pada menit 21, akibat melanggar Fedor Kudryashov.

Hingga akhirnya pada menit 35, Henrikh Mkhitaryan membuat kubu Setan Merah unggul. Menerima umpan datar dari Ibrahimovic, gelandang serang yang baru pulih dari cederanya ini langsung menceploskan bola ke gawang Medvedev. 1-0 Manchester United memimpin.

Tertinggal satu gol, para pemain Rostov FC justru semakin ditekan oleh anak asuh Jose Mourinho. Terbukti, beberapa peluang berhasil diciptakan oleh Ibrahimovic dkk pada sisa babak pertama.

Namun hingga di penghujung babak tambahan pertama usai, skuat Setan Merah masih belum mampu menambah gol mereka.

Babak Kedua

Tertinggal satu gol dari tim tamu, lantas membuat anak asuh Ivan Daniliants bermain menyerang sejak menit awal babak kedua dimulai. Permainan terbuka dilancarkan oleh Aleksandr Bukarov dkk guna menyamakan kedudukan.

Hasilnya terbukti pada menit 53. Menerima umpan lambung dari Timofei Kalachev, Bukharov yang lolos dari penjagaan bek Manchester United menahan bola tersebut dengan dadanya, dan langsung menceploskannya ke gawang Sergio Romero. Skor menjadi sama kuat 1-1.

Kebobolan satu gol, membuat skuat Setan Merah menjadi sadar diri dan mencoba untuk kembali mencuri gol. Peluang kembali didapatkan melalui gelandang jangkung mereka, Marouane Fellaini.

Pada menit 66, Daley Blind melancarkan umpan silang lambung ke jantung pertahanan Rostov. Fellaini yang berada di depan langsung menyambar bola dan menyundulnya ke arah gawang klub Rusia tersebut. Namun sayang, bola hasil sundulannya mampu ditahan oleh Medvedev.

Kartu kuning justru kembali didapatkan oleh kubu Setan Merah pada menit 78. Ander Herrera melakukan pelanggaran kepada Dmitry Poloz dari arah belakang. Kartu kuning tersebut merupakan kartu kuning kedua untuk Manchester United.

Hingga akhir pada penghujung babak kedua, baik Manchester United maupun Rostov FC tidak mampu menambah pundi-pundi gol mereka. Hasil imbang sama kuat 1-1 ini memberikan dampak positif setidaknya untuk kubu Setan Merah, karena Ibrahimovic dkk mampu mencuri 1 gol tandang sebagai bekal mereka nanti di leg kedua. 

Berikut susunan starting XI Rostov FC vs Manchester United:

Rostov FC (5-3-2): Medvedev; Kalachev, Mevlja, Cesar Navas, Granat, Kudrjasov; Noboa, Erokhin, Gatcan; Poloz, Bukharov.

Manchester United (4-2-3-1): Romero; Jones, Smalling, Blind, Young, Pogba, Fellaini, Herrera, Rojo; Mkhitaryan; Ibrahimovic.