Piala FA

(CUPLIKAN GOL) Bungkam The Boro, Aguero Cetak Rekor!

Sabtu, 11 Maret 2017 21:19 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty Images
Selebrasi Sergio Aguero usai cetak gol ke gawang Middlesbroug. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty Images
Selebrasi Sergio Aguero usai cetak gol ke gawang Middlesbroug.

Manchester City berhasil mencuri kemenangan dari tuan rumah Middlesbrough dengan skor 2-0. Bertanding di Riverside Stadium di babak perempatfinal Piala FA, The Citizens sanggup melaju ke semifinal berkat gol cepat David Silva menit ke-3 dan sontekkan Sergio Aguero di menit 67.

Babak I

Melawan tim dengan kualitas yang di atas kertas masih di bawah City, manajer Pep Guardiola tak ingin menganggap remeh dan tetap menurunkan pemain-pemain terbaiknya di starting eleven. Formasi 4-5-1 dengan mengandalkan Aguero sebagai lone striker diharapkan bisa memberikan dampak signifikan.

Tapi bukan Aguero yang mencetak gol perdana, melainkan playmaker andal dari Spanyol, David Silva yang mampu membawa Manchester Biru unggul cepat di menit ke-3. Ia berhasil memanfaatkan kemelut di muka gawang Brad Guzan dengan kaki kirinya.

Hingga menit ke-21, tim tamu masih sanggup menguasai jalannya pertandingan. Meski demikian, tidak ada peluang berarti yang bisa dimanfaatkan oleh City. Sebaliknya, The Boro beberapa kali bisa melakukan serangan balik yang sempat membahayakan gawang Claudio Bravo.

Semenit kemudian, lagi-lagi tuan rumah mengancam lewat upaya Rudy Gestede. Sayang, usahanya masih bisa digagalkan Bravo, dan bola liar dibuang oleh Zabaleta.

Apes nian nasib Gestede, menit ke-26, ia mengalami cedera hamstring dan harus digantikan oleh Alvaro Negredo. Bagi Negredo, ini akan menjadi laga emosional mengingat striker asal Spanyol itu pernah berseragam City beberapa musim lalu.

Pertandingan berjalan semakin seru memasuki menit ke-30. Kedua tim saling serang, namun tidak ada yang berujung gol ke-2 di Riverside Stadium.

Babak tambahan 3 menit tidak sanggup dimanfaatkan oleh kedua tim dan skor tipis 1-0 bertahan hingga wasit Mike Dean meniup peluit panjang tanda akhir pertandingan.

Babak II

Tidak ada perubahan berarti hingga menit ke-50 sebelum akhirnya Dael Fry, pemuda berusia 19 tahun masuk menggantikan Bernardo Jose Espinosa Zuniga. Kehadirannya disambut meriah oleh pendukung Middlesbrough yang berharap banyak pada tuah wonderkid tersebut.

Sayang, City tak ingin memberikan kesempatan banyak kepada tuan rumah. Kevin de Bruyne, Raheem Sterling, dan Silva secara bergantian mengancam gawang Guzan.

Gol kedua akirnya lahir di menit ke-67 lewat sontekkan terarah Aguero. Penyerang asal Argentina itu berhasil memanfaatkan umpan manis Leroy Sane dari kanan pertahanan The Boro dan tanpa ampun merobek gawang Guzan untuk kedua kalinya.

Empat menit kemudian, Aguero sebenarnya berhasil mencetak gol keduanya, namun sayang, wasit garis mengangapnya sudah berada dalam posisi offside.

Skor 2-0 bertahan hingga peluit panjang. Manchester City berhasil keluar sebagai pemenang dan memastikan tiket ke semifinal Piala FA musim 2016/17.

Bagi Aguero, lesakkan golnya ke gawang Middlesbrough sekaligus melahirkan rekor individu bersama Manchester City. Ia kini tercatat sebagai satu-satunya pencetak gol terbanyak bagi Manchester Biru di semua kompetisi. Legend!

Susunan Pemain:

MIDDLESBROUGH (4-3-3): Guzan; Barragan, Bernardo, Gibson, Fabio; Leadbitter, Clayton, De Roon; Stuani, Gestede, Traore.
Cadangan: Valdes, Fry, Husband, Ramirez, Forshaw, Negredo, Fischer.

MANCHESTER CITY (4-5-1): Bravo; Zabaleta, Stones, Otamendi, Clichy; Sterling, De Bruyne, Toure, Silva, Sane; Aguero.
Cadangan: Caballero, Kolarov, Fernando, Delph, Fernandinho, Nolito, Iheanacho.

620