Mengenal Klub Masa Remaja, Michael Essien

Rabu, 15 Maret 2017 16:07 WIB
Editor: Galih Prasetyo
© Darren Walsh/Chelsea FC via Getty Images
Michael Essien, gahar di atas lapangan, 'malas' di luar lapangan. Copyright: © Darren Walsh/Chelsea FC via Getty Images
Michael Essien, gahar di atas lapangan, 'malas' di luar lapangan.

Gelandang anyar Persib Bandung, Michael Essien tercatat baru menginjakkan kakinya di tanah Eropa pada 30 Agustus 2000 silam. Saat itu, Bastia jadi klub yang tertarik memakai jasa Essien. 

Bastia yang saat itu bermain di Ligue 1 Prancis melihat Essien yang baru berusia 18 tahun bakal menjadi pemain top di Eropa. Betul saja, tiga musim membela Bastia, Essien jadi salah satu pemain andalan di sana. 

Michael Essien yang resmi membela Persib Bandung.

Essien kala itu sukses mencetak 11 gol dari 66 penampilan selama tiga musim. Pertaruhan pelatih Bastia kala itu, Frederic Antonetti untuk merekrut Essien tidak keliru. 

Essien sendiri merentas karier sepakbola di kampung halamannya, kota Accra, Ghana. Sebagai pemuda asli Accra, Essien seperti kebanyakan pemuda di kota itu yang suka sepakbola akan menjatuhkan pilihannya untuk merentas karier bersama klub asli kota tersebut, Liberty Professionals F.C.

Liberty Professionals F.C.merupakan salah satu klub yang tidak terlalu besar di Liga Ghana atau yang dikenal dengan sebutan Glo Premier League. 

Dikutip dari westafricanfootball.com, klub ini baru berdiri pada 1996 silam. Ialah dua pengusaha sukses kota tersebut, Felix Ansong dan Alhaji Sly Tetteh yang mendorong klub ini berdiri. 

Sokongan dana dari dua pengusaha itu membuat Liberty Professionals F.C. mulai menujukkan citra mereka sebagai klub profesional. Pada awal berdiri, Liberty Professionals F.C. langsung bermain di kasta kedua Liga Ghana. 

Memiliki stadion berkapasitashanya 2000 penonton serta infrastruktur kurang memadai yakni Stadion Reindorf Park, Liberty Professionals tetap menunjukkan penampilan memukau. 

Kondisi rumput Stadion Reindorf Park, kandang Liberty. 

Pada 2009 lalu, Liberty Professionals yang bermain di ajang Liga Championsnya wilayah Afrika Barat, UFOA Cup sukses meraih tempat ketiga. Ini merupakan salah satu prestasi tertinggi yang diraih Liberty. 

Yang menarik dari klub ini, Liberty tercatat sangat fokus pada pengembangan usia muda. Tercatat klub ini memiliki akademi di dua negara yakni Kenya dan Togo. 

Pemain klub Liberty Professionals.

Meski tergolong klub tidak terlalu besar, Liberty Professionals merupakan salah satu klub yang banyak menghasilkan pemain bintang untuk Timnas Ghana, selain Essien, ada juga nama penyerang Asamoah Gyan. 

Asamoah Gyan tercatat membela Liberty Professionals selama satu musim yakni 2003 silam. Selama membela Liberty Professionals, Gyan yang kini berkarier di Ah Ahli tersebut mencetak 10 gol dari 16 caps. 

Saat ini, Liberty Professionals F.C tercatat berada di posisi kelima tabel Glo Premier League. Liberty Professionals F.C yang baru memainkan 6 pertandingan baru mengemas 9 poin dari 3 kali menang dan 3 kali kalah. 

526