Liga Champions

Juventus vs Barcelona, Tim Pertahanan Terbaik Kontra Tim Penyerangan Terbaik

Sabtu, 18 Maret 2017 11:48 WIB
Editor: Rendy Gusti
 Copyright:

Undian perempatfinal Liga Champions telah selesai dilakukan, raksasa Italia, Juventus akan menjamu wakil Spanyol, Barcelona pada leg pertama hari Rabu (12/04/17) nanti. Kedua tim tersebut berhasil melangkah setelah berhasil mengalahkan lawan-lawannya di babak 16 besar.

Juventus dapat mengalahkan lawannya, Porto tanpa kesulitan yang berarti. Si Nyonya Tua menang dalam dua leg dengan agregat 3-0. Atas hasil itu, skuat asuhan Massimiliano Allegri masih sempurna di kandang dan juga menjadi tim dengan kebobolan paling sedikit di Liga Champions musim 2016/17.

Sejak memulai laga dari Grup H bersama Sevilla, Olympique Lyon, dan Dinamo Zagreb, raksasa Italia itu telah memperlihatkan dominasinya. Dari 6 laga yang dilakukan, Paulo Dybala dan kawan-kawan tak pernah kalah dengan catatan 4 kemenangan dan 2 hasil seri. Terlebih, Juventus hanya kebobolan 2 gol hingga melangkah ke babak perempatfinal ini.

Juventus menjadi yang terbaik dalam urusan pertahanan di Liga Champions musim ini.

Sedangkan untuk tim tamu, Barcelona, Lionel Messi dan kawan-kawan terlihat beringas dengan menjadi tim yang paling tajam di Liga Champions musim ini. Total mereka telah mencetak 26 gol sejak memulai laga dari babak Grup C bersama dengan Manchester City, Borussia Monchengladbach, dan juga Celtic.

Pada babak grup tersebut, El Barca berhasil melibas habis tim lawan dengan catatan 20 gol. Mereka hanya satu kali kalah dari wakil Inggris, yaitu Manchester City dengan skor 1-3 di Etihad Stadium.

Sedangkan 6 gol lainnya mereka cetak dalam comeback sensasional atas Paris Saint-Germain di babak 16 besar. Barcelona menjadi satu-satunya tim di Liga Champions yang berhasil membalikkan keadaan setelah tertinggal dengan defisit 4 gol di leg pertama.

Barcelona menjadi tim paling tajam dengan 26 gol di Liga Champions 2016/17.

Blaugrana memiliki catatan impresif dalam urusan mencetak gol dengan rasio 3,25 gol per pertandingannya. Hal ini tentu menjadi sangat menarik jika melihat tim yang akan mereka lawan adalah tim dengan pertahanan terbaik dan mencatatkan rekor kebobolan paling sedikit di kompetisi Eropa musim ini.

Apalagi, Juventus juga belum pernah kalah di kandang di Liga Champions sejak tahun 2013 lalu, ketika mereka dikalahkan Bayern Munchen dengan agregat 0-4 di babak perempatfinal.

Pertandingan antara Juventus kontra Barcelona tentu menjadi salah satu yang dinanti oleh para pencinta sepakbola di seluruh dunia. Kira-kira, taktik seperti apa yang akan digunakan oleh Massimiliano Allegri dan Luis Enrique demi merusak catatan impresif lawannya itu pada pertemuan di bulan April nanti?

2.2K