(VIDEO) Terlibat Pengaturan Skor, Wasit Asal Ghana Dihukum Seumur Hidup

Selasa, 21 Maret 2017 16:29 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© ghanasoccernews
Joseph Odartei Lamptey. Copyright: © ghanasoccernews
Joseph Odartei Lamptey.

Wasit asal Ghana, Joseph Odartei Lamptey, resmi dihukum oleh FIFA lantaran dirinya terbukti melakukan pengaturan skor. Lamptey sebelumnya mendapatkan hukuman dari Konfederasi Sepakbola Afrika (CAF) dengan hukuman 3 bulan.

Lamptey terbukti bersalah dengan melanggar kode disiplin FIFA, saat dirinya memimpin pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 antara Senegal melawan Afrika Selatan pada Sabtu (12/11/16) waktu setempat. Di pertandingan tersebut, Afrika Selatan diberikan penalti secara kontroversial, yang berujung pada kemenangan Afrika Selatan 2-1 atas Senegal.

“Ofisial telah menemukan kesalahan dalam pengaturan hasil pertandingan yang dilakukan oleh wasit,” tulis pernyataan FIFA dikutip The Guardian.

“Komite Disiplin FIFA sudah memutuskan wasit Ghana, Joseph Lamptey, untuk dilarang memimpin pertandingan di segala jenis kegiatan yang berkaitan dengan sepakbola, baik level nasional atau internasional, selama seumur hidup," tambahnya.

Dengan keputusan tersebut, lantas hal itu memutuskan tuduhan terhadap ofisial asal Ghana lainnya, David Lionheart Nii. Dirinya sempat dituduh terlibat dalam pengaturan skor, namun dibebaskan dari sanksi setelah melakukan investigasi terhadap dirinya.

157