2 Bulan Jadi Target Indra Sjafri Bentuk Timnas Indonesia U-19

Kamis, 23 Maret 2017 16:05 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Gerry Anugrah Putra
© Herry Ibrahim/Indosport
Indra Sjafri dan Luis Milla saat diresmikan sebagai pelatih anyar Timnas Indonesia. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport
Indra Sjafri dan Luis Milla saat diresmikan sebagai pelatih anyar Timnas Indonesia.

Pelatih Tim Nasional (Timnas) U-19 Indonesia, Indra Sjafri menyatakan, bahwa skuat inti Garuda Muda baru akan terlihat secara jelas pada Mei nanti. Tak lama, sekitar dua bulan lagi terhitung dari sekarang. Saat ini, anak asuhannya tersebut tengah mengikuti pemusatan latihan (TC) tahap pertama.

Pemusatan latihan gelombang pertama Timnas U-19 telah diselenggarakan sejak Selasa (20/03/17) lalu di Lapangan Atang Soetrisna, Cijantung, Jakarta Timur. Sebanyak 35 pemain mengikuti TC itu. Rencananya, TC tersebut bakal berakhir pada 6 April mendatang.

"Nanti diperkirakan sekitar bulan Mei kita akan melihat gambaran tim," ujar Indra kepada wartawan, Selasa (22/03/17) di Jakarta.

Setelah pemusatan latihan tahap pertama berakhir, Indra bakal menggelar seleksi terhadap 13 pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri. Selanjutnya, akan ada periodisasi yang nantinya rutin digelar.

"Tanggal 6-10 April mendatang akan ada seleksi pemain Indonesia di luar negeri," ungkap mantan pelatih Bali United itu. 

"Ada tiga tahapan persiapan umum. Yang awalnya dimulai dalam periodesasi ini, maka seleksi yang paling penting. Scouting juga paling penting karena menenetukan tim itu bagus atau tidak,"

"Bakal ada tiga persiapan umum, spesific preparation, setelah pra kompetisi. Nah, di pra kompetisi ini akan terbentuk betul bagaimana bentuk permainan kita," ujar arsitek asal Sumatera Barat tersebut.

Dua agenda telah menunggu skuat asuhan Indra Sjafri di tahun ini. Pertama, Garuda Muda bakal mengikuti Piala AFF U-18 di Myanmar pada September mendatang. Setalahnya, Timnas U-19 akan bertanding pada kualifikasi Piala Asia U-19 yang dihelat pada 21-29 Oktober mendatang.

658