Bima Sakti Resmi Gantung Sepatu

Rabu, 29 Maret 2017 15:15 WIB
Kontributor: Teddy Rumengan | Editor: Ahmad Priobudiyono
© sidomi.com
Bima Sakti Tukiman Copyright: © sidomi.com
Bima Sakti Tukiman

Legenda sepakbola Indonesia, Bima Sakti Tukiman akhirnya resmi mengumumkan diri pensiun sebagai pemain. Langkah itu ia putuskan karena saat ini dirinya tidak lagi punya waktu untuk merumput di lapangan hijau, karena aktivitasnya sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia, Rabu (29/03/17).

Jebolan akademi Primavera itu ditunjuk PSSI menjadi asisten pelatih mendampingi Luis Milla mempersiapkan Skuat Garuda untuk tampil di Sea Games 2017, dan Asian Games 2018.

"Saya sudah tidak punya waktu lagi untuk bisa bermain di kompetisi liga 1 musim ini, karena sibuk di timnas. Tidak mungkin saya bolak-balik, meskipun sebelum ke timnas saya masih punya keinginan untuk tetap bermain," kata pria kelahiran Balikpapan 23 Januari 1976 tersebut.

image article indosportBima Sakti Tukiman (paling kanan) kini sibuk dengan tugasnya sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia.

Mantan pemain terbaik musim 2000 itu mengatakan, kompetisi Indonesia Soccer Championship (TS) 2016 menjadi yang terakhir. Meskipun sebenarnya, pelatih Persiba Balikpapan, Timo Scheunemann, masih ingin memberinya kesempatan tampil pada musim ini.

Karena memang dari awal, Bima dikontrak Persiba bukan hanya sebagai asisten pelatih melainkan juga merangkap sebagai pemain.

"Jadi memang, sebenarnya kemarin itu sudah isyarat, pertandingan saya terakhir di TS sebagai pemain, karena kini jadi pelatih. Coach Timo juga ingin memberi saya kesempatan bermain, tapi kan saya sudah tidak punya waktu lagi. Konsentrasi di Timnas,” ujarnya.

“Selain itu saya juga ingin memberi kesempatan kepada pemain-pemain muda seperti Bryan Cesar, karena kami masih terus komunikasi,” lanjutnya.

image article indosportBima Sakti saat masih bermain untuk Persiba Balikpapan.

Bima mengungkapkan, jika ia berencana untuk menggelar laga eksebisi sebagai simbolis resmi pengunduran dirinya sebagai pemain, bertepatan dengan peresmian stadion Batakan.

"Mungkin nanti pas peresmian stadion Batakan, rencananya kan Juni, jadi saya akan gelar laga eksebisi terakhir itu. Saya akan undang pemain Persiba, mantan pemain Persiba, juga teman-teman saya waktu di junior, di primavera, juga mantan pemain-pemain timnas,” tuntasnya

Bima mengawali karir sepakbolanya bersama Ossiana Sakti klub amatir di Kota Balikpapan kemudiana bergabung PKT Bontang junior. Kemudian bergabung bersama Tim Primavera dan berlatih di Italia bersama klub Sampdoria tahun 1993-1994. 

Bima Sakti juga pernah bermain di Liga Utama Swedia bersama klub Helsinborg. Di Indonesia Bima pernah berseragam PKT Bontang, Pelita Jaya, PSM Makassar, PSPS Pekanbaru, Persiba Balikpapan , Persema Malang, persepar palangkaraya, Mitra Kukar, Gresik United.

1.5K