Liga 1 Indonesia

Resmi Diperkenalkan, Cole Sesumbar Cetak 20 Gol untuk Persib Bandung

Kamis, 30 Maret 2017 13:37 WIB
Kontributor: Ginanjar | Editor: Rizky Pratama Putra
© Muhammad Ginanjar/INDOSPORT
Carlton Cole saat memperkenalkan diri kepada awak media di Bandung. Copyright: © Muhammad Ginanjar/INDOSPORT
Carlton Cole saat memperkenalkan diri kepada awak media di Bandung.

‎Striker asing anyar Persib Bandung, Carlton Cole berjanji akan memberikan yang terbaik untuk tim anyarnya. Bahkan pemain berusia 33 tahun ini memiliki misi untuk menjadi top skorer di Liga 1 2017. 

"Tentunya saya ingin menjadi pencetak gol terbanyak di liga dan karena setiap striker ingin menjadi pencetak gol terbanyak," ungkap Cole dalam press conference di Graha Persib, Sulanjana Bandung, Kamis (30/03/17). 

Cole mengaku senang dan bahagia bisa berada di Indonesia dan membela Persib Bandung. Ia juga seolah sudah mengetahui apa yang dibutuhkan tim berjulukan Maung Bandung ini. 

"Saya percaya saya bisa selama bekerja keras dan mendapat dukungan dari rekan satu tim. Dan saya harus percaya apa yang harus dilakukan," katanya.

image article indosportCarlton Cole saat diperkenalkan secara resmi sebagai rekrutan anyar Persib Bandung.

Cole menyatakan bahwa saat ini Persib Bandung memiliki skuat yang bisa mengantarkannya merengkuh ambisi pribadi. Pemain berusia 33 tahun ini yakin bisa menciptakan 20 gol dalam musim perdananya bersama Persib Bandung.

"Kami punya banyak pemain bagus dan harapannya saya bisa menyarangkan bola ke dalam gawang sebanyak mungkin. Saya harus bisa mencetak gol sebanyak mungkin, 10 atau 20 gol saya akan senang. Itu tidak akan mudah tapi saya akan berusaha," tegasnya.

Karier Cole di sepakbola mulai dirintis bersama akademi Chelsea. Namun perjalanan karier Cole di Chelsea tidaklah sama seperti Essien. Status kebintangan mereka di klub London itu jauh berbeda.

Jika Essien di antaranya punya empat titel Liga Primer Inggris dan satu trofi Liga Champions dalam kurun waktu 2005–2014 bersama 'Si Biru', Cole malah rutin dipinjamkan ke Wolverhampton Wanderers, Charlton Athletic, dan Aston Villa.

Secara keseluruhan, Cole membuat delapan gol dalam 31 penampilan semasa di Chelsea pada musim 2001–2006. Karier Cole mulai membaik semasa membela West Ham United, terutama saat memasuki musim ketiga.

image article indosportMasa keemasan Carlton Cole terjadi saat berkarier bersama West Ham United.

Cole tampil cemerlang di musim 2008-2009, dengan mencetak 12 gol dari 32 penampilan di seluruh kompetisi. Pada periode ini pula Cole dapat panggilan ke Tim Nasional Inggris.

Pada 2011-2012, pesepakbola yang punya tujuh caps dengan The Three Lions tersebut sempat mencetak 15 gol buat West Ham di seluruh kompetisi, tapi saat itu The Hammers sedang bermain di divisi Championship.

Cole meninggalkan West Ham di akhir musim 2014-2015 dengan catatan 67 gol dari 293 penampilan. Ia kemudian menjajal Liga Skotlandia, menandatangani kontrak dua tahun dengan Celtic pada Oktober 2015. Di klub itu ia tak mendapatkan tempat utama dan hanya bermain lima kali, mencetak satu gol dan satu assist.

Berkaca dari kiprahnya pada musim 2015-2016 Celtic tak melanjutkan kontrak Cole dan dia pun dipinang tim divisi dua sepakbola Amerika Serikat (USL), Sacramento FC. Di tim tersebut, Cole lagi-lagi bukan pilihan utama. Ia hanya bermain empat kali dengan total menit bermain selama 98 menit.

3.6K