(CUPLIKAN GOL) AS Roma 3-0 Bologna: Salah Menggigit

Minggu, 9 April 2017 22:01 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Luciano Rossi/AS Roma via Getty Images
Mohamed Salah bersujud merayakan golnya ke gawang Bologna. Copyright: © Luciano Rossi/AS Roma via Getty Images
Mohamed Salah bersujud merayakan golnya ke gawang Bologna.

AS Roma berhasil memetik poin penuh saat bertamu ke Sradio Dall'Ara, markas Bologna dalam lanjutan Serie A Italia pekan 31 musim 2016/17, Minggu (09/04/17) sore waktu setempat.

I Giallorossi langsung memainkan pemain-pemain andalannya seperti Edin Dzeko, Radja Nainggolan, Mohamed Salah, dan Stephen El Shaarawy demi meraih tiga poin penuh.

Sedangkan di kubu tuan rumah, Rossoblu tetap mengandalkan Mattia Destro di lini depan. Ia adalah satu dari sekian banyak mantan pemain Roma yang siap membalas sakit hati mereka kepada bekas klubnya.

Selain Destro, ada Vasilis Torosidis dan Umar Sadiq. Namun sepanjang musim ini justru Blerim Dzemaili yang menjadi pemain terbaik dengan status top skor sementara Bologna.

Roberto Donadoni selaku pelatih kepala Bologna berharap pemain-pemain tersebut bisa memberikan andil besar agar tak mengecewakan publik tuan rumah.

Babak I

Di lima menit pertama, Bologna lebih dulu mengancam gawang Szczesny lewat upaya Simone Verdi. Upayanya masih bisa diblok oleh barisan pertahanan Serigala Roma yang digalang Rudiger cs.

Menit 13, lagi-lagi Verdi menebar ancaman. Menerima umpan Dzemaili, kaki kiri Verdi hampir saja mengubah skor menjadi 1-0 andai tidak diblok bek lawan.

Roma baru benar-benar bisa mengendalikan permainan memasuki 20 menit babak pertama. Benar saja, sedikit kesalahan tuan rumah mampu dimaksimalkan oleh tim tamu.

Berawal dari sepak pojok, Federico Fazio berhasil memanfaatkan kemelut di muka gawang dengan tendangan keras. Kostas Manolas memenangi duel di kotak penalti dan bola disambar Fazio untuk membuka gol di babak pertama.

Memasuki menit 33, wasit sempat menghentikan permainan karena Ladislav Krejci mengalami cedera. Beruntung bagi tuan rumah, ia masih bisa melanjutkan pertandingan.

Gol kedua yang dinanti publik Stadio Dell'Ara akhirnya tersaji saat menit menunjuk angka 41. Sayang, bukan gol dari Bologna yang lahir, melainkan Salah yang membawa luka kedua di laga tersebut.

Melalui peragaan satu-dua sentuhan, Edin Dzeko mengirimkan umpan tak terduga yang menembus tembok pertahanan Rossoblu. Kecepatan Salah tak dapat ditahan, dan dengan cerdik ia men-chip bola ke atas gawang Mirante.

Tak ada gol tersaji lagi hingga wasit meniup peluit tanda babak pertama usai. Tim tamu AS Roma untuk sementara unggul 2-0 atas tuan rumah Bologna.

Babak II

Manajer Roberto Donadoni terpaksa menggantikan Verdi di awal babak kedua karena cedera. Ia memasukkan Federico Di Francesco dan relatif tak mengubah strategi secara signifikan.

Setelah mengirimkan assist kepada Salah, Dzeko berambisi untuk ikut sumbangkan gol. Menit 54, ia nyaris menambah duka tuan rumah andai tendangannya kala menerima umpan El Shaarawy dari sepak pojok tak terlampau tinggi.

Spalletti memutuskan untuk menarik El Shaarawy dan menggantinya dengan Perotti di menit 65 untuk kemudian mengubah gaya permainan menjadi agak melebar. Winger asal Argentina itu dikenal memiliki crossing apik yang bisa mengancam gawang lawan dengan seketika.

Tuan rumah bukannya tanpa peluang. Dzemaili yang berambisi menambah pundi-pundi gol hampir memperkecil kekalahan jika tendangan bebasnya tidak digagalkan barisan pertahanan I Lupi.

Kegagalan Dzemaili dalam mengeksekusi tendangan bebas benar-benar dimanfaatkan dengan baik. Roma sanggup menambah keunggulan menjadi 3-0 di menit 75 melalui skema serangan balik.

Perotti yang baru dimainkan di pertangahan babak kedua menjadi aktor dibalik gol tersebut. Dzeko memang berhasil mencetak gol, namun andil Perotti dalam memberikan assist sempurna membuat penyerang jangkung itu dengan mudah menceploskan bola ke gawang Mirante untuk ke-3 kalinya di menit ke-81.

Wasit akhirnya meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir. Tambahan tiga poin membuat AS Roma terus menempel Juventus dari posisi dua, sedangkan Bologna mau tak mau harus puas bertahan di peringkat ke-14.

Susunan Pemain

Bologna (4-3-3): Mirante; Krafth, Gastaldello, Maietta, Masina; Nagy, Pulgar, Dzemaili; Verdi, Destro, Krejci
Cadangan: Da Costa, Sarr, Oikonomou, Torosidis, Mbaye, Donsah, Viviani, Valencia, Rizzo, Taider, Sadiq, Petkovic, Di Francesco

Roma (4-2-3-1): Szczesny; Rudiger, Manolas, Fazio, Juan Jesus; De Rossi, Strootman; Salah, Nainggolan, El Shaarawy; Dzeko
Cadangan: Alisson, Lobont, Fazio, Vermaelen, Mario Rui, Paredes, Gerson, Grenier, Totti, Perotti

311