Mengintip Stadion Alpensia, Perpaduan Lapangan Sepakbola dan Ski Jumping di Dalamnya

Senin, 10 April 2017 18:08 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© stadiumdb
Stadion Alpensia. Copyright: © stadiumdb
Stadion Alpensia.

Sejatinya, sebuah stadion sepakbola hanya berisikan lapangan untuk bermain sepakbola, dengan ribuan kursi penonton mengelilinginya. Namun, ada satu stadion sepakbola unik yang tidak hanya berisikan ribuan kursi penonton dan lapangan yang disertai oleh rumput jepang saja.

Berada di tanah Asia, terdapat sebuah stadion bernama Stadion Alpensia, yang terletak di daerah Daegwallyeong, Pyeongchang, Korea Selatan. Stadion tersebut tidak hanya berguna untuk sepakbola saja, namun juga dapat digunakan untuk bermain Ski Jumping.

© stadiumdb
Caption Copyright: stadiumdbTampak atas Stadion Alpensia.

Bila di Eropa, tepatnya Finlandia, terdapat Stadion Lahden, yang mana merupakan sebuah stadion sepakbola yang bersampingan dengan tempat Ski Jumping, maka berbeda halnya dengan Stadion Alpensia.

Stadion yang dibuka pada tahun 2009 ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk bermain bola, yang juga dapat digunakan untuk Ski Jumping bila musim salju tiba. Hal itu dapat terjadi, karena letak lapangan dengan tempat arena Ski Jumping saling berhubungan.

© stadiumdb
Caption Copyright: stadiumdbStadion Alpensia saat musim salju.

Stadion Alpensia memiliki kapasitas 11.000 orang, yang mana dapat meningkat menjadi 13.500 orang saat digunakan untuk Ski Jumping. Stadion ini juga nantinya akan digunakan untuk Winter Olympics di tahun 2018.

Sekadar informasi, Winter Olympics atau Olimpiade Musim Dingin merupakan turnamen 15 cabang olahraga yang hanya dapat dimainkan saat musim dingin saja. Korea Selatan akan menjadi tuan rumah, di mana Pyeongchang akan menjadi venue di acara yang akan berlangsung pada 9 hingga 25 Februari 2018 itu.

© stadiumdb
Caption Copyright: stadiumdbStadion Alpensia terletak pada 700 meter di atas permukaan laut.

Lapangan sepakbola di Stadion Alpensia terletak pada 700 meter di atas permukaan laut. Walau begitu, kondisi lapangan memungkinkan untuk dilakukannya sebuah pertandingan pada musim panas.

Dilansir oleh stadiumdb, Gangwon FC menjadi klub asal Korea Selatan yang bermain di Stadion Alpensia untuk laga kandang mereka, sejak bulan Agustus 2016 lalu. Namun sekarang, klub yang bermain di divisi utama Liga Korea Selatan, atau K-League itu sudah tidak lagi menggunakan stadion tersebut.

Hingga kini, Stadion Alpensia sudah tidak lagi menggelar laga sepakbola berskala internasional, hanya pertandingan persahabatan saja yang digelar pada stadion tersebut.

271