Liga 1 Indonesia

Heboh Persoalan KITAS, Pemain Asing Persija Jakarta Dipastikan Aman

Selasa, 18 April 2017 21:48 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Rizky Pratama Putra
© Herry Ibrahim/Indosport
Skuat Persija Jakarta melakukan latihan ringan jelang melakoni laga kedua Liga 1 melawan Barito Putera di Lapangan Sutasoma, Halim, Jakarta Timur, Selasa (18/04/17). Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport
Skuat Persija Jakarta melakukan latihan ringan jelang melakoni laga kedua Liga 1 melawan Barito Putera di Lapangan Sutasoma, Halim, Jakarta Timur, Selasa (18/04/17).

Persoalan Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) pemain asing membuat klub kontestan Gojek Traveloka Liga 1 was-was. Meski begitu, Persija Jakarta menanggapinya dengan santai.

Kasus terkait KITAS yang menghimpit dua penggawa asing Persib Bandung, Michael Essien dan Carlton Cole dipastikan tidak bakal terjadi dengan legiun asing Macan Kemayoran. Pasalnya, manajemen Persija memastikan bahwa ketiga pemainnya telah memiliki dokumen yang lengkap untuk merumput di Tanah Air.

"Saya tahu tiga pemain asing Persija sudah kantongi KITAS. Tidak ada masalah sejauh ini terkait persoalan tersebut," ujar Asisten Manajer Persija, Kolonel Ardhi Tjahjoko.

© Instagram/@persijajkt.
Luis Carlos Junior saat diperkenalkan oleh Persija Jakarta. Copyright: Instagram/@persijajkt.Luis Carlos Junior saat diperkenalkan oleh Persija Jakarta.

"Buktinya mereka sudah bisa bermain pada pertandingan lewan Persiba Balikpapan kemarin. Soal itu, Alhamdulillah aman," lanjut Ardhi.

Dua dari tiga pemain asing Persija sebelumnya telah menetap di Tanah Air sejak tahun lalu. Keduanya ialah Willian Pacheco dan Luiz Junior yang musim lalu membela Barito Putera. 

Sebelumnya, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) berencana melaporkan pemain asing yang belum memiliki KITAS kepada Dirjen Imigrasi. Pasalnya, para legiun asing tersebut mestinya telah memiliki dokumen yang sah sebagai Tenaga Kerja Asing (TKA) sebelum bertanding di Liga 1 2017.

474