Liga 1

Masalah KITAS Essien, PSSI: Sepakbola Jangan Diributkan!

Selasa, 18 April 2017 10:19 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Yohanes Ishak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi dan Ketua BOPI, Noor Aman. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi dan Ketua BOPI, Noor Aman.

BOPI mengecam akan terjadinya pelanggaran dalam pekan perdana Gojek Traveloka Liga 1. Khususnya masalah Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) pemain asing.

Hal ini dikeluhkan BOPI karena Persib Bandung telah memainkan dua pemain asingnya, Michael Essien dan Carlton Cole.

Keduanya dimainkan Persib pada laga perdana Liga 1 melawan Arema FC, Sabtu (15/04/17) lalu di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung.

Atas keluhan BOPI ini, Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi angkat bicara. Bagi dia permasalahan KITAS ini sedang dalam proses.

© Twitter@persib
Carlton Cole dan Minchael Essien. Copyright: Twitter@persibMichael Essien dan Carlton Cole, dua pemain asing Persib Bandung yang dipermasalahkan BOPI.

"KITAS itu kan tidak bisa langsung jadi, perlu proses. Yang bersangkutan melapor ke PSSI, kemudian kami (PSSI) merekomendasikannya ke BOPI, nanti BOPI yang melanjutkannya ke imigrasi. Semuanya itu perlu waktu," ujar Edy di Stadion Pakansari.

"Lagi pula KITAS diperlukan untuk mengawasi pemain asing di kita. Sekarang pemainnya kelihatan, orangnya kelihatan di TV jadi tak perlu takut, kecuali kita sembunyi-sembunyi," jelas pria yang juga menjabat Pangkostrad ini.

Tak hanya itu, Edy juga mengomentari akan niatan BOPI yang membawa masalah ini ke pihak Imigrasi. Bagi Edy permasalahan ini tidak perlu diributkan.

"Sepakbola ini kan budaya. Kalau sedang proses jangan diribut-ributin. Orang (warga negara asing) lain yang kerja saja tidak diributin," tandas dia.

758