Ini Rekam Jejak Hakim Garis yang Dianggap Loloskan Gol Kontroversial Real Madrid

Rabu, 19 April 2017 09:10 WIB
Editor: Galih Prasetyo
© Gonzalo Arroyo Moreno / Stringer / Getty Images
Gaya Ronaldo dan Marcelo usai bobol gawang Bayern Munchen. Copyright: © Gonzalo Arroyo Moreno / Stringer / Getty Images
Gaya Ronaldo dan Marcelo usai bobol gawang Bayern Munchen.

Laga antara Real Madrid versus Bayern Munchen di Stadion Santiago Bernabeu harus diterus ke babak perpanjangan waktu saat papan skor menunjukkan 3-3. 

Saat kepercayaan diri skuat Bayern Munchen tengah membuncah karena mampu menahan laju Real Madrid di kandang sendiri, hal kontroversial terjadi pada menit ke-105, aksi individual dari Marcelo yang kemudian diteruskan dengan memberi umpan ke Ronaldo yang tak terkawal membuat Manuel Neuer kembali harus memungut bola dari gawangnya. 

Gol itu jadi hattrick eks pemain Manchester United tersebut. Sayang gol itu kemudian jadi bahan olok-olok karena dianggap berbau offside. Publik pun mulai menghujat Real Madrid karena dianggap lolos ke semifinal karena dibantu wasit. 

© goal.com
Gol ketiga Ronaldo di laga Real Madrid vs Munchen yang berbau offside. Copyright: goal.comGol ketiga Ronaldo di laga Real Madrid vs Munchen yang berbau offside.

Jika melihat dari tayangan ulang proses terjadinya gol tersebut, perangkat wasit yang paling dekat ialah asissten wasit keempat yang berdiri di samping gawang Bayern Munchen. 

Sedangkan hakim garis tampak tertinggal beberapa langkah saat Marcelo meringsek ke lini belakang Munchen sebelum lepaskan umpan ke Ronaldo. 

Jika ingin menunjuk kambing hitam maka si asisten wasit keempat dan hakim garis tersebut yang patut disalahkan soal gol ketiga Ronaldo itu. 

Dikutip dari uefa.com, perangkat wasit yang memimpin laga ini ialah Viktor Kassai sebagai wasit utama dibantu oleh dua hakim garis, Gyorgy Ring dan Vencel Toth. Sedangkan asisten keempat dan kelima ialah ialah Tamas Bognar dan Ádam Farkas. Kesemua perangkat wasit tersebut berasal dari Hungaria. 

Selain Kassai yang dianggap membiarkan gol offiside itu terjadi, ialah Vencel Toth, si hakim garis yang sempat tertinggal lari saat Marcelo memberi umpan ke Ronaldo. 

Toth ialah asisten wasit kelahiran Hungaria, 24 Maret 1978. Sebelum memimpin laga Real Madrid vs Bayern Munchen, ia memimpin laga Liga Hungaria antara Vasas melawan Ujpest yang berakhir 2-3 untuk tim tamu. Untuk kancah Eropa, Toth juga sempat menjadi hakim garis di Europa League yang mempertemukan AS Roma melawan Lyon dan berkesudahan 2-1 untuk tim tuan rumah. 

Selain Toth, sosok asisten wasit keempat yang berdiri di sebelah gawang Munchen juga jadi sorotan, ia adalah Adam Farkas. Farkas menekuni profesi sebagai wasit sejak 2003 silam namun baru pada 2009 lalu resmi menjalani debut di Liga Hungaria. 

1.4K