Lima Fakta Menarik Pasca Perempatfinal Liga Europa 2016/17

  • Laga perempatfinal Liga Europa 2016/17 telah rampung digelar pada subuh dini hari tadi.
  • Empat dari delapan tim berhasil lolos hingga fase semifinal, yang mana akan diadakan pada tanggal 4 dan 11 Mei 2017 nanti.
  • Selain itu, terdapat beberapa fakta menarik pasca usainya laga perempatfinal Liga Europa 2016/17 ini.
Jumat, 21 April 2017 08:41 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT/Liga Europa
Liga Europa. Copyright: © INDOSPORT/Liga Europa
Liga Europa.

Laga perempatfinal Liga Europa musim 2016/17 telah usai pada subuh dini hari tadi. Empat dari delapan tim berhasil lolos ke fase semifinal, yang mana laga empat besar tersebut akan tersaji pada tanggal 4 dan 11 Mei 2017.

Uniknya, empat tim ini merupakan wakil dari masing-masing negera yang turut berkompetisi di kejuaraan tertinggi kedua di Eropa ini, setelah Liga Champions. Masing-masing dari empat tim ini mengalahkan lawan-lawannya dengan skor yang sangat tipis.

Manchester United, wakil dari Inggris ini mengalahkan Anderlecht dengan agregat 3-2. Sebelum, skuat Jose Mourinho ini harus bersusah payah, dengan mengalahkan wakil dari Belgia itu di babak perpanjangan waktu.

Rashford menjadi pahlawan kemenangan Manchester United atas Anderlecht berkat gol penentu di babak tambahan. Copyright: @SquawkaNewsRashford menjadi pahlawan kemenangan Manchester United atas Anderlecht berkat gol penentu di babak tambahan.

Sementara itu, Celta Vigo yang merupakan wakil dari Spanyol berhasil mengalahkan wakil dari Belgia lainnya, KRC Genk, dengan skor agregat 4-3. Begitu juga dengan Ajax Amsterdam, yang mampu mengandaskan perlawanan Schalke 04 dengan agregat 4-3.

Ajax Amsterdam sukses lolos ke semifinal Liga Europa. Copyright: Twitter @OnefootballENAjax Amsterdam sukses lolos ke semifinal Liga Europa.

Sedangkan Olympique Lyon harus menyingkirkan Besiktas lewat adu penalti dengan skor 7-6, sehingga agregat menjadi 10-9. Pasalnya, wakil Prancis ini mengalami kekalahan 1-2 di leg kedua saat bermain di Vodafone Arena, markas Besiktas. Skor yang sama juga menghiasi laga leg pertama di Prancis, Jumat (14/04/17) lalu.

Perayaan kemenangan Lyon usai kalahkan Besiktas di perempatfinal Liga Europa. Copyright: @SquawkaNewsPerayaan kemenangan Lyon usai kalahkan Besiktas di perempatfinal Liga Europa.

Selain itu, terdapat beberapa fakta menarik pasca usainya babak perempatfinal Liga Europa 2016/17. Apa saja fakta menarik itu? Berikut rangkumannya:

1. Kekalahan Schalke 04 di perempatfinal Liga Europa kali ini, menjadi kali pertama di mana klub asal Jerman gagal melaju ke fase semifinal di kejuaraan Eropa, baik itu Liga Champions maupun Liga Europa, sejak musim 2004/05 silam.

2. Ajax Amsterdam untuk kali pertama mampu mencapai fase semifinal Liga Europa, setelah terakhir kali mereka menyicipinya di tahun 1997.

3. Dengan kemenangan atas Anderlecht di Old Trafford, menjadikan Setan Merah tak terkalahkan selama 26 laga di kandang sendiri. Rekor terbaik dengan tak terkalahkan di Old Trafford adalah 37 laga, yang mana terakhir kali dikalahkan oleh Manchester City pada 23 Oktober 2011 dengan skor 1-6.

4. Dengan dimainkannya Justin Kluivert dan Matthijs de Ligt, Ajax Amsterdam menjadi klub pertama yang memainkan pemain di bawah U-18 dalam kejuaraan Eropa, setelah Everton pada tahun 2009.

5. Keberhasilan Celta Vigo hingga memasuki semifinal Liga Europa menjadi kali pertama dalam sejarah klub asal Spanyol tersebut.