Faktor Dualisme, Klub Brasil Ini Juara Setelah Menunggu 30 Tahun

Jumat, 21 April 2017 12:22 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© These Football Times
Skuat Sport Recife di tahun 1987. Copyright: © These Football Times
Skuat Sport Recife di tahun 1987.

Tentu kita ingat dualisme dalam sepakbola Indonesia yang terjadi pada awal tahun 2011. Saat itu, Indonesia Premier League (IPL) dibangun sebagai tandingan Indonesia Super League (ISL) yang berada di bawah naungan PSSI.

Ternyata, tidak hanya di Indonesia saja yang terjadi kasus dualisme dalam sepakbola. Di Brasil, kasus dualisme sepakbola pernah terjadi di tahun 1987, dan menimbulkan permasalahan. Adalah Sport Recife dan Flamengo, yang memperebutkan status jawara di Brasil pada tahun tersebut.

Sekadar informasi, Sport Recife dan Flamengo di tahun itu berhasil menjuarai masing-masing kompetisi yang mereka mainkan. Sport Recife saat itu berhasil menjuarai Copa Uniao (sebelum berubah nama menjadi Serie A Brasil), sebuah kompetisi liga yang berada di bawah naungan Konfederasi Sepakbola Brasil (CBF).

Sedangkan Flamengo, kala itu bermain di sebuah kompetisi tandingan yang dibuat oleh beberapa kelompok klub, yang turut serta hadir dalam kompetisi tersebut. Kedua kompetisi itu berjalan secara bersamaan, namun di bawah naungan yang berbeda.

Akibatnya, kedua tim itu pun saling mengakui bahwa mereka adalah jawara di Brasil pada tahun 1987. Hingga akhirnya, pihak CBF pun meminta keduanya tanding di laga final untuk menentukan jawara di tahun tersebut, namun Flamengo menolak.

Belum lama ini, tepatnya pada Rabu (19/04/17) waktu setempat, Mahkamah Agung Brasil memutuskan Sport Recife sebagai jawara Brasil di tahun 1987. Hasil tersebut dikeluarkan setelah tiga dari lima hakim memutuskan untuk memberikan status gelar jawara kepada klub yang berbasis di kota Pernambuco tersebut.

“Sepakbola adalah sebuah kegemaran, dan tidak seharusnya keputusan soal olahraga datang dari pengadilan,” ucap Hakim MA Brasil, Rosa Maria Weber, sikutip ESPN.

Selain itu, salah satu hakim bernama  Luis Roberto Barroso, yang juga merupakan penggemar dari klub Flamengo mengatakan, ini adalah kasus teraneh yang pernah dia tangani.

“Tidak ada tempat yang aneh daripada tempat pengadilan yang menangani kasus olahraga. 40 juta orang akan kecewa dengan hasil ini, termasuk saya,” ucapnya.

Sebagai tambahan informasi, Flamengo merupakan tim papan atas Serie A Brasil saat ini. Klub yang pernah diperkuat oleh Ronaldinho itu saat ini menduduki peringkat 3 klasemen sementara Serie A Brasil, sedangkan Sport Recife berada di peringkat 14 klasemen sementara.

283