Timnas U-19 Ditargetkan Lolos ke Piala Dunia

Jumat, 21 April 2017 14:01 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/Indosport
Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri memantau anak asuhnya usai internal game di Lapangan Sutresna, Cijantung. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport
Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri memantau anak asuhnya usai internal game di Lapangan Sutresna, Cijantung.

Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 ditargetkan lolos ke Piala Dunia U-20 oleh pelatihnya, Indra Sjafri. Perhelatan akbar turnamen sepakbola antar negara tersebut bakal dihelat pada 2019 mendatang.

Target tersebut dipastikan Indra bilamana Indonesia jadi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Asia U-19 pada 2018. Sebelumnya, Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Edy Rahmayadi mengatakan Federasi Sepakbola Asia (AFC) telah memberi restu kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah.

"Kalau kita jadi tuan rumah Piala Asia U-19 (2018), maka target kita dari 16 besar menjadi 4 (agar) besar untuk lolos Piala Dunia," ujar Indra.

Negara yang lolos ke babak empat besar Piala Asia U-19 nantinya bakal otomatis masuk ke Piala Dunia U-20 2019. Hal tersebut memacu Indra untuk memberikan kemampuan terbaiknya untuk meramu Skuat Garuda Muda.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Caption Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTLatihan Timnas U-19 di Lapangan Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta Timur.

Di sisi lain, Indra juga menjelaskan bahwa Ketum PSSI memberikan target yang senada. Tak jauh berbeda, lanjut Indra, dengan target yang diusung olehnya.

"Sudah jelas target dari Pak Ketua Umum (Edy). Target dari Ketua Umum, beliau menegaskan kepada saya kita harus juara Piala AFF dan lolos ke Piala Dunia. Tegas di situ. Nanti, kita lihat hasilnya karena kita kan juga manusia," ungkap juru taktik berusia 54 tahun tersebut.

Dalam waktu dekat, Timnas U-19 bakal mengikuti Turnamen Toulon di Prancis. Gelaran tersebut akan dihelat pada 29 Mei hingga 10 Juni mendatang.