Lima Fakta Menarik Jelang Laga Chelsea vs Tottenham Hotspur

Sabtu, 22 April 2017 16:16 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Daily Express
Duel Derby London tersaji pada laga semifinal Piala FA. Copyright: © Daily Express
Duel Derby London tersaji pada laga semifinal Piala FA.

Derby London akan tersaji dalam laga semifinal Piala FA pada Sabtu (22/04/17) malam WIB nanti. Bermain di Stadion Wembley, kedua tim diprediksi akan memainkan skuat utama mereka guna melanjutkan langkahnya hingga partai puncak.

Kedua tim sendiri merupakan pimpinan klasemen sementara Liga Primer Inggris, dengan The Blues berada di posisi pertama, sedangkan Spurs berada di posisi kedua.  Walau berdekatan, rekor pertemuan kedua klub membuat Chelsea jauh diunggulkan pada partai kali ini.

Tentu kita ingat saat Chelsea asuhan Roberto di Matteo meluluhlantakkan Spurs di partai yang sama, dengan venue yang sama pada 15 April 2012 lalu. Selain itu, dalam 5 pertemuan terakhir Chelsea unggul dengan dua kemenangan, sekali kalah, dan dua imbang.

© Getty Images
Caption Copyright: Getty ImagesDidier Drogba merayakan gol yang ia cetak ke gawang Tottenham Hotspur, di tahun 2012.

Dilihat dari beberapa fakta yang ada, Chelsea di atas kertas seharusnya mampu menumbangkan pasukan Mauricio Pochettino. Apa saja fakta-fakta tersebut? Berikut fakta yang telah dirangkum oleh INDOSPORT:

1. Dalam partai semifinal Piala FA, Chelsea hanya mengalami sekali kekalahan saat melawan Manchester City di tahun 2013.

2. Dari total 74 laga mereka bertemu di segala kompetisi, Chelsea berhasil memenangkan 37 laga, dengan 11 kali seri dan 26 kali imbang.

3. Di Piala FA, kedua tim sudah 4 kali bertemu, di mana Chelsea memenangkan 3 laga di antaranya, dan sekali imbang. Total dari 4 laga tersebut, 14 gol tercipta untuk kubu The Blues, sedangkan 5 gol tercipta untuk kubu Spurs.

4. Sejak mengalahkan Chelsea di final Piala Liga 2008 silam, Tottenham cuma sekali menang dalam delapan laga di Wembley, yakni atas CSKA Moskow di Liga Champions pada Desember lalu.

5. Andai Spurs kalah atas Chelsea pada lagan anti malam, maka mereka akan menjadi klub pertama yang paling sering gagal di babak semifinal Piala FA. Pasalnya, hingga kini mereka telah mengalami enam kali kekalahan di semifinal Piala FA (1993, 1995, 1999, 2001, 2010 and 2012).