Tiru 'Gaya' Suarez, Pemain Ini Bantu Newcastle Promosi ke Liga Primer Inggris

Rabu, 26 April 2017 05:11 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Stu Forster / Staff / Getty Images
Paul Gallagher (kuning) saat menahan bola dengan tangannya. Copyright: © Stu Forster / Staff / Getty Images
Paul Gallagher (kuning) saat menahan bola dengan tangannya.

Terdapat hal unik saat Newcastle United mengalahkan Preston North End, dalam laga lanjutan Liga Championship pekan ke-44. Kala itu, skuat Rafael Benitez mengalahkan Preston dengan skor 4-1, dan berhak promosi ke Liga Primer Inggris musim depan.

Kejadian unik terjadi saat salah satu gelandang Preston, Paul Gallagher, melakukan handsball dengan sengaja saat terjadi kemelut di depan gawang timnya saat masih tertinggal 1-2. Hal itu dia lakukan guna menahan bola sepakan Hayden agar tidak masuk ke gawangnya pada menit 63.

Akibat dari perbuatannya tersebut, Gallagher langsung diberikan kartu merah oleh sang pengadil lapangan, Madley. Tuan rumah pun diberikan penalti yang mana berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Matt Ritchie menjadi sebuah gol.

Apa yang dilakukan oleh Gallagher ini justru membuat Newcastle unggul lebih jauh dan memenangkan pertandingan. Kemenangan tersebut juga membuat The Magpies promosi ke Liga Primer Inggris.

Sebelumnya, Luis Suarez juga pernah melakukan hal yang mirip dengan Gallagher di ajang Piala Dunia 2010 melawan Ghana. Kala itu, mantan pemain Liverpool sengaja menahan bola dengan tangannya saat terjadi kemelut di depan gawang Uruguay.

Beruntung, Ghana yang mendapatkan penalti gagal memanfaatkan momen tersebut lantaran sepakan Asamoah Gyan terkena mistar gawang. Uruguay pun lolos hingga fase semifinal dengan mengalahkan Ghana melalui adu penalti.

2.1K