Serie A Italia

(CUPLIKAN GOL) Gol Dani Alves Gagal Menangkan Juventus

Sabtu, 29 April 2017 04:02 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono
© Emilio Andreoli/Getty Images
Selebrasi Dani Alves usai membobol gawang Atalanta. Copyright: © Emilio Andreoli/Getty Images
Selebrasi Dani Alves usai membobol gawang Atalanta.

Babak Pertama

Juventus berusaha untuk mengontrol jalannya pertandingan begitu peluit babak pertama dibunyikan. Namun tuan rumah Atalanta justru lebih dulu membuka peluang melalui umpan brilian Hans Hateboer pada menit ketiga, namun bola gagal disambut dengan baik oleh Alejandro Gomez.

Memasuki pertengahan laga, Juventus semakin mendapat tekanan. Pada menit ke-21 giliran Rafael Toloi yang membahayakan gawang Gianluigi Buffon. Sebuah tendangan spekulatif dilepaskannya dari luar kotak penalti, namun bola masih bisa diselamatkan Buffon.

Juventus baru bisa melepaskan tembakan ke arah gawang pada menit ke-25, melalui sepakan volli Gonzalo Higuain. Tapi bola jatuh tepat ke pelukan Etrit Berisha. Permainan Juventus mulai memanas.

Alih-alih bisa mencuri keunggulan, para pemain Juventus yang asyik menyerang di sisa menit pertandingan harus dikejutkan oleh gol Andrea Conti saat laga memasuki menit ke-45. 

Conti sukses meneruskan bola hasil umpan silang Alejandro Gomez dengan sepakan first time, bola mengarah ke tiang jauh, dan gagal diantisipasi oleh Buffon.

Babak pertama pun berakhir dengan kedudukan 1-0 untuk keunggulan sementara tuan rumah Atalanta atas tamunya Juventus.

Babak Kedua

Tertinggal satu gol Juventus mencoba bangkit di babak kedua. Upaya itu berbuah hasil pada menit ke-50. Tendangan bebas Miralem Pjanic ke tiang jauh gawang Atalanta berbuah gol bunuh diri yang diciptakan oleh bek Atalanta, Leonardo Spinazzola. Skor menjadi sama kuat 1-1.

Bisa menyamakan kedudukan, para pemain Juventus semakin bersemangat melancarkan tekanan untuk dapat berbalik unggul. Tapi upaya itu baru berbuah hasil saat laga memasuki menit-menit akhir pertandingan.

Dani Alves berhasil membuat Juventus berbalik unggul pada menit ke-83 dengan tandukan kepalanya menyambut umpan tendangan bebas Miralem Pjanic. Bola meluncur ke tiang jauh dan tak mampu dihalau kiper Etrit Berisha.

Kondisi ini membuat para pemain Atalanta menjadi agresif menyerang. Alhasil, Remo Freuler memaksa Gianluigi Buffon memungut bola dari gawangnya saat laga memasuki menit ke-89. Freuler sukses menaklukkan Buffon melalui sebuah sontekan manis dari jarak dekat.

Skor imbang 2-2 bertahan hingga wasit M Guida membunyikan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Hasil imbang tak mengubah posisi kedua tim di papan klasemen.

Juventus tetap bertahan di posisi puncak dengan 84 poin, sedangkan Atalanta pun tetap bertahan di posisi kelima dengan 64 poin.

Berikut susunan pemain kedua tim:
Atalanta: Etrit Berisha; Rafael Toloi, Mattia Caldara, Andrea Masiello; Andrea Conti, Bryan Cristante, Remo Freuler, Leonardo Spinazzola; Hans Hateboer, Jasmin Kurtic, Alejandro Gomez.
Pelatih: Gian Piero Gasperini

Juventus: Gianluigi Buffon; Dani Alves, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Alex Sandro; Sami Khedira, Miralem Pjanic; Juan Cuadrado, Paulo Dybala, Mandzukic; Gonzalo Higuain.
Pelatih: Massimiliano Allegri

1.5K