Liga 1

Mustaqim Awali Kiprah di Persija Lawan Persela

Selasa, 9 Mei 2017 12:11 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Herry Ibrahim
© Muhammad Adi Yaksa/Indosport
Asisten Pelatih Persija Jakarta, Mustaqim. Copyright: © Muhammad Adi Yaksa/Indosport
Asisten Pelatih Persija Jakarta, Mustaqim.

Mustaqim bukan sosok yang asing dalam kancah kepelatihan sepakbola nasional. Pria asal Surabaya tersebut pernah menjadi asisten pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 dan Persela Lamongan.

Belum lama ini, Persija Jakarta resmi menunjuk Mustaqim sebagai asisten pelatih kepala, Stefano Cugurra Teco. Waktu itu, Direktur Persija, Gede Widiade mengungkapkan, telah mengetahui kapabilitas Mustaqim setelah kenal selama sembilan tahun terakhir.

Mustaqim bakal mengawali kiprahnya di Macan Kemayoran pada lawatan ke Lamongan menghadapi Persela, Rabu (10/05/17). Mantan arsitek PS TNI di Piala Presiden 2017 tersebut membeberkan alasan mau menerima pinangan Persija.

"Yang pertama kehormatan buat saya diajak ke Persija, dan kebetulan saya juga tak sedang melatih. Saya tau Pak Gede. Saya tahu tim ini tim besar. Saya harapkan saya ingin sukses di sini," kata Mustaqim di Lamongan kepada INDOSPORT, Selasa (09/05/17).

© Dok. Persija
Caption Copyright: Dok. PersijaMustaqim (tengah) bersama coach Teco (kiri) dan Gede Widiade.

Sebelumnya, Gede sempat menerangkan bahwa Mustaqim sebagai sosok yang religius. Berkaca dari pernyataan tersebut, eks juru racik Mitra Kukar itu tak membantahnya.

"Saya dari dulu taat agama, mungkin Pak Gede tahu saya. Mungkin Pak Gede berharap saya bisa membantu dalam segi spiritual. Saya pikir itu positif. Pak Gede tahu sepak terjang saya selama melatih. Mulai dari pemain sampai pelatih," tutur Mustaqim.

Menghadapi Laskar Joko Tingkir dalam pekan kelima Gojek Traveloka Liga 1, Mustaqim akan bersua dengan mantan klub yang pernah diarsitekinya, Persela Lamongan. Terakhir, Mustaqim menjadi asisten pelatih Aji Santoso di Persela pada musim lalu.

399