(CUPLIKAN GOL) Lyon 3-1 Ajax: Ajax ke Final Liga Europa!

Jumat, 12 Mei 2017 04:02 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© VI-Images / Contributor / Getty Images
Skuat Ajax merayakan gol Dolberg (tengah) ke gawang Lopes. Copyright: © VI-Images / Contributor / Getty Images
Skuat Ajax merayakan gol Dolberg (tengah) ke gawang Lopes.

Ajax Amsterdam melakukan lawatannya ke Parc Olympique Lyonnais, markas Lyon dalam laga lanjutan leg kedua semifinal Liga Europa. Pada laga leg kedua kali ini, Ajax berhasil menyingkirkan Lyon dan melangkah ke final Liga Europa dengan kemenangan agregat 5-4.

Babak Pertama

Kemenangan 4-1 Ajax atas Lyon di Amsterdam ArenA pada leg pertama lalu, sepertinya tak menyurutkan skuat Peter Bosz untuk bermain terbuka di Prancis. Terbukti, wakil Belanda tersebut mampu memberikan perlawanan dan mencetak gol.

Adalah sang penyerang tampan mereka, Kasper Dolberg, yang berhasil menundukkan Anthony Lopes. Berawal dari umpan datar Younes di sisi kanan lapangan, Dolberg berhasil menjaringkan bola ke jala Lopes setelah berhadapan satu lawan satu. 1-0 Ajax unggul.

Jual beli serangan pun terjadi pasca gol Dolberg. Walau sempat dibuat frustasi, tuan rumah tetap menampilkan permainan terbuka guna mencuri 1 gol ke gawang Ajax. Dan hal itu pun membuahkan hasil, dengan gol Lacazette melalui titik putih di penghujung babak pertama. 1-1 Lyon menyamakan kedudukan

Tak berhenti sampai situ. Lacazette kembali mencetak gol di babak pertambahan waktu, setelah Nabil Fekir memanfaatkan kesalahan bek Ajax di kotak penalti. Fekir yang berada di sisi kiri pertahanan Ajax, memberikan umpan datar kepada Lacazette yang mampu dikonversikan menjadi sebuah gol. 2-1 Lyon unggul di babak pertama.

Babak Kedua

Unggul di babak pertama membuat tuan rumah, Lyon, terus melakukan serangan di babak kedua, Hal ini disinyalir untuk menghidupkan asa mereka agar mampu melangkah hingga fase final Liga Europa musim 2016/17 ini.

Pada menit 52, Lacazette memberikan perlawanan yang nyata, dengan melesakkan tendangan keras ke arah gawang Andre Onana. Namun sayang, sepakan kerasnya masih mampu ditangkap kiper asal Kamerun tersebut.

Tuan rumah terus menggempur pertahanan Ajax guna menambah pundi-pundi gol mereka, dan menyamakan agregat. Hal itu terlihat dengan penguasaan bola yang dimiliki Lyon sebanyak 55 persen hingga menit 75.

Gempuran bertubi-tubi yang dilakukan oleh Lyon membuahkan hasil di menit 81. Adalah Rachid Ghezzal, yang mampu memanfaatkan umpan lambung Maciej Rybus dengan mengonversikannya menjadi gol. 3-1 Lyon mencoba mengejar agregat.

Usaha Lyon untuk mencoba mengejar agregat gol pupus, setelah wasit Szymon Marciniak meniup peluit panjang babak kedua berakhir. Walau menang 3-1 atas Ajax, Lyon tetap tersingkir di semifinal Liga Europa karena kalah agregat 4-5.

Berikut susunan starting XI kedua tim:

Olympique Lyon: Lopes; Rafael, Morel, Diakhaby, N’Koulou; Gonalons, Tolisso; Valbuena, Fekir, Cornet; Lacazette

Pelatih: Bruno Genesio

Ajax Amsterdam: Onana; Viergever, De Ligt, Sanchez, Veltman; Klaassen, Ziyech, Schone; Traore, Younes, Dolberg

Pelatih: Peter Bosz

1.9K