Cetak Ratusan 'Messi' Baru, China Gandeng Argentina Poles Bakat Muda

Kamis, 18 Mei 2017 14:45 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Argentina dan China sepakat menjalin kerja sama untuk mengembangkan bakat muda sepakbola. Menteri Olahraga Argentina, Carlos Mac Allister mengumumkan pada Rabu (17/05/17) di Beijing, bahwa negaranya dan China sepakat menggarap pengembangan sepakbola di raksasa Asia itu.

Dalam sebuah kunjungan kenegaraan ke China, Carlos Mac Allister yang menemani Presiden Argentina, Mauricio Macri, mengungkapkan bahwa kedua belah pihak telah menyetujui ‘program kolaborasi’.

“Kami akan membawa 150 anak muda China ke Argentina selama setahun, serta pelatih, dan terapis fisik, untuk mengikuti kelas,” kata Menteri Olahraga Argentina, Carlos Mac Allister seperti dikutip dari en.people.cn.

Sebagai gantinya, Argentina akan mengirim sebanyak 500 pelatih dan pelatih fisik ke China, yang akan menggelar klinik sepakbola di seluruh wilayah tersebut.

© nytimes
Sekolah Sepakbola China Copyright: nytimesSekolah Sepakbola China

Berbicara kepada radio Argentina La Red, Mac Allister mengatakan bahwa China masih harus mengembangkan sepakbola untuk anak-anak muda mereka di tingkat yang lebih rendah. Dan Argentina berkomitmen untuk berkolaborasi dengan mereka untuk mengembangkan hal itu.

Terkait proyek besar tersebut, Mac Allister menyebut hal itu sudah disetujui oleh Presiden Asosiasi Sepakbola Argentina (AFA), Claudio Tapia. AFA juga sempat meraba apakah Timnas Argentina bisa bertanding di China.

“Kami telah berbicara dengan presiden AFA yang baru dan kami telah menerima dukungan,” tandas menteri yang merupakan mantan bek dan pemilik tiga caps bersama Timnas Argentina di tahun 1993 tersebut.

280