Bundesliga Jerman

Salip Lewandowski, Aubameyang Raih Gelar Top Skorer

Minggu, 21 Mei 2017 06:28 WIB
Editor: Ramadhan
© Twitter @Squawka
Pierre Emerick Aubameyang Copyright: © Twitter @Squawka
Pierre Emerick Aubameyang

Pierre-Emerick Aubameyang menutup musim 2016/17 dengan catatan yang cukup manis. Striker berusia 27 tahun itu berhasil membawa Borussia Dortmund menang secara dramatis dengan skor 4-3 atas Werder Bremen pada pekan terakhir Bundesliga di Signal Iduna Park.

Pada laga itu, Aubameyang ikut menyumbangkan dua gol masing-masing di menit ke-42 dan 89. Sementara dua gol Die Borussen lainnya dicetak oleh Marco Reus di menit ke-32 dan 75. Tiga gol Bremen sendiri dicetak oleh Zlatko Junuzovic (7’), Fin Bartels (46’), dan Max Kruse (68’).

Tambahan sepasang gol itu resmi mengantarkan Aubameyang tampil sebagai pencetak gol terbanyak di pentas kasta tertinggi sepakbola Jerman musim ini dengan torehan 31 gol. Pemain Timnas Gabon itu sukses menyalip kompetitor terdekatnya, Robert Lewandowski di detik-detik akhir.

Lewandowski sendiri gagal mencetak gol saat Munchen mengalahkan Freiburg 4-1 di Allianz Arena sehingga koleksi golnya tetap di angka 30 gol musim ini.

© Twitter @Squawka
Pierre Emerick Aubameyang Copyright: Twitter @SquawkaPierre-Emerick Aubameyang

Ini merupakan gelar top skorer pertama bagi Aubameyang sejak bergabung dengan Dortmund pada 2013 lalu. Di musim 2016/17 ini, Aubameyang mencetak total 39 gol di semua kompetisi dengan rincian 7 gol di Liga Champions dan satu gol di DFB Pokal.

Kemenangan atas Freiburg membuat Dortmund berhasil finis di peringkat ketiga di klasemen akhir dengan catatan 64 poin dari 34 laga. Tim asuhan Thomas Tuchel berada di bawah Bayern Munchen dan RP Leipzig yang masing-masing finis pertama dan kedua.

Berikut Daftar Top Skorer Bundesliga 2016/2017:
1. Pierre-Emerick Aubameyang (Borussia Dortmund): 31 gol
2. Robert Lewandowski (Bayern Munich): 30 gol
3. Anthony Modeste (Cologne): 25 gol
4. Timo Werner (RB Leipzig): 21 gol
5. Mario Gomez (Wolfsburg): 16 gol 

2.4K