La Liga Spanyol

Ernesto Valverde, Calon Kuat Pelatih Baru Barcelona

Rabu, 24 Mei 2017 09:59 WIB
Editor: Ramadhan
© Juan Manuel Serrano Arce/Getty Imag
Ernesto Valverde. Copyright: © Juan Manuel Serrano Arce/Getty Imag
Ernesto Valverde.

Athletic Bilbao sudah mengumumkan secara resmi bahwa Ernesto Valverde tak lagi menjabat sebagai pelatih utama mereka mulai musim depan. Bilbao melepas pelatih berusia 53 tahun itu setelah empat tahun mengabdi terhitung sejak 2013 lalu.

Menariknya, kepergian Valverde berbarengan dengan spekulasi dirinya yang akan bergabung dengan Barcelona sebagai pelatih baru menggantikan posisi Luis Enrique. Namun hingga berita ini diturunkan, pihak El Barca sendiri masih belum memberikan pernyataan soal calon pelatih mereka.

Kabarnya Barcelona akan mengumumkan pelatih baru mereka pada 29 Mei mendatang. Nama Valverde memang menjadi calon kuat yang akan menjadi arsitek skuat utama El Barca yang diisi pemain-pemain seperti Lionel Messi, Andres Iniesta, dan Neymar itu.

“Ernesto Valverde tidak akan melanjutkan sebagai pelatih tim utama Athletic Club pada musim 2017-18,” tulis sebuah pernyataan singkat Athletic Bilbao yang dikeluarkan hari Selasa (23/05/17).

Konferensi pers kepergian Valverde dari Bilbao akan digelar hari ini, Rabu (24/05/17) waktu setempat bersama dengan Presiden Athletic Bilbao, Josu Urrutia, di San Mames Stadium.

Valverde sendiri merupakan pelatih berkebangsaan Spanyol yang pernah bermain untuk skuat utama Barcelona rentang 1988-1990. Bersama El Barca, Valverde yang merupakan pemain depan mencatatkan total 22 penampilan dan mencetak 8 gol.

© Juan Manuel Serrano Arce/Getty Imag
Ernesto Valverde. Copyright: Juan Manuel Serrano Arce/Getty ImagErnesto Valverde.

Valverde juga sukses menyumbangkan gelar juara Copa del Rey 1989/90 dan UEFA Cup 1988/89 untuk Barcelona. Sedangkan sebagai pelatih, Valverde pernah melatih beberapa klub top Spanyol seperti Villarreal, Espanyol, dan Valencia.

416