Batasi Pesepakbola Asing, China Terapkan Pajak 100 Persen

Jumat, 26 Mei 2017 19:34 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

Federasi Sepakbola China (CFA) dikabarkan akan menaikkan pajak untuk klub-klub yang bermain di China Super League (CSL) menjadi 100 persen. Namun, pajak sebesar 100 persen itu dikenakan kepada klub-klub yang memiliki pemain asing di dalamnya.

Seperti yang diberitakan oleh Fox Sports, sebelumnya para klub-klub China yang bermain di CSL telah menghabiskan banyak dana untuk mendatangkan pemain kelas dunia, seperti Oscar, Tevez, hingga Hulk. Terakhir, legenda Manchester United, Wayne Rooney, pun dikabarkan akan hijrah ke Negeri Tirai Bambu tersebut.

“Sebuah klub yang mendatangkan pemain kelas dunia, akan dikenakan pajak dengan nilai yang sama saat mereka mendatangkan pemain tersebut,” tulis pernyataan resmi CFA, dikutip Fox Sports.

“Uang pajak tersebut nantinya akan diberikan kepada Yayasan Pengembangan Sepakbola China, untuk melatih pemain muda, mempromosikan kegiatan sosial sepakbola dalam negeri,” tambahnya.

Peraturan pajak 100 persen itu nantinya akan mulai berlaku dari tanggal 19 Juni 2017 nanti. Selain itu, CFA telah membatasi jumlah pemain asing untuk berlaga di CSL, untuk memperbaiki dan memberi ruang pemain lokal untuk mengasah kemampuan mereka.