La Liga Spanyol

Ikuti Jejak Messi, Ronaldo Dihukum 5 Tahun Penjara?

Jumat, 26 Mei 2017 05:03 WIB
Editor: Rendy Gusti
© Jose Manuel Alvarez Rey/NurPhoto via Getty Images
Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Copyright: © Jose Manuel Alvarez Rey/NurPhoto via Getty Images
Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

Cristiano Ronaldo bisa saja mengikuti jejak Lionel Messi karena kasus pajak. Megabintang Real Madrid itu dikabarkan gagal membayarkan pajaknya di antara tahun 2011 dan 2013. Atas dugaan yang dikeluarkan Kementerian Keuangan Spanyol (GESTHA) itu, Ronaldo bisa dipenjara setidaknya selama 5 tahun.

Dilaporkan Marca, Ronaldo disebut telah melakukan pelanggaran pajak yang diduga mencapai lebih dari 600 ribu euro atau setara dengan Rp10 miliar dalam setiap tahunnya dalam jangka waktu 3 tahun tersebut.

Namun, meskipun terancam hukuman penjara dalam waktu yang cukup lama, GESTHA masih mungkin meringankan hukuman yang bisa didapatkan pesepakbola berusia 32 tahun itu. Salah satu syaratnya adalah apabila mantan pemain Manchester United itu mengakui kesalahannya dan membayar kembali jumlah pajak yang gagal dibayarkannya itu.

© Gonzalo Arroyo Moreno/Fotopress/Getty Images
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Copyright: Gonzalo Arroyo Moreno/Fotopress/Getty ImagesCristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Sebelumnya, Lionel Messi juga dihukum selama 21 bulan masa tahanan karena kasus penggelapan pajak. Namun, pesepakbola asal Argentina itu bisa lolos dari hukuman kurungan karena masa tahanan yang diberikan tak mencapai 2 tahun atau lebih.

Messi bersama ayahnya diminta untuk membayar sejumlah denda dan masuk dalam masa percobaan dalam kasus pajak yang menjeratnya.

381