Piala FA

5 Fakta Menarik Arsenal vs Chelsea

Minggu, 28 Mei 2017 07:15 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Robbie Jay Barratt/AMA/Getty Images
Arsenal juara Piala FA 2016/17. Copyright: © Robbie Jay Barratt/AMA/Getty Images
Arsenal juara Piala FA 2016/17.

Dalam beberapa hari terakhir, Arsenal kerap mendapatkan cemooh karena mereka gagal bermain di Liga Champions pada musim 2017/18 mendatang.

Hal itu dikarenakan The Gunners harus puas mengakhiri musim 2016/17 di urutan kelima klasemen Liga Primer Inggris. Sementara batas akhir untuk masuk ke Liga Champions adalah posisi keempat dengan catatan lolos dalam babak play-off.

Kendati demikian, tim London Merah membuktikan jika mereka masih pantas disebut sebagai salah satu klub terbaik di Eropa dan juga Inggris.

Buktinya adalah Arsenal baru saja merengkuh gelar Piala FA dengan mengalahkan rival sekota mereka sama London, yakni Chelsea dengan skor tipis 2-1 pada partai final.

Dua gol mereka diciptakan oleh Alexis Sanchez dan Aaron Ramsey, sementara satu-satunya gol Chelsea dicetak oleh Diego Costa.

Usai pertandingan, terdapat beberapa fakta menarik yang tak dapat dilewatkan, terutama dari sisi Arsenal sendiri. Apa sajakah itu? Berikut ini INDOSPORT memaparkannya yang dilansir dari OJ:

1. Gol Alexis Sanchez terjadi saat laga baru berjalan 3 menit 49 detik. Gol cepat ini tidak hanya membuat mental sang lawan menjadi sedikit mengendur, tetapi juga menjadikan Sanchez sebagai pencetak gol tercepat dalam sejarah final Piala FA.

2. Alexis Sanchez juga dalam beberapa bulan terakhir sering dikabarkan akan segera hengkang dari Arsenal. Bahkan, pemain asal Chile ini kerap disebutkan mulai tidak betah di klubnya tersebut.

Meski demikian, Sanchez tetap menunjukkan jika dirinya dapat tampil profesional. Buktinya, ia selalu mencetak gol dalam 5 pertandingan terakhir yang ia lakoni bersama The Gunners.

3. Gelar juara Piala FA yang Arsenal raih ini merupakan gelar ke-13 mereka. Hal ini membuat Arsenal menjadi klub peraih gelar FA terbanyak. Pesaing terdekatnya adalah Manchester United yang telah meraih 12 gelar.

4. Jika Arsenal meraih gelar ke-13, maka sang pelatih Arsene Wenger telah merengkuhnya sebanyak 7 kali. Hal ini juga membuatnya menjadi pelatih terbanyak yang meraih gelar Piala FA.

Pesaing terdekatnya adalah mantan pelatih Aston Villa, George Ramsay yang meraihnya sebanyak 6 kali. Sementara rivalnya dulu, eks pelatih Man United, Alex Ferguson rupanya baru meraih 5 kali.

5. Dari sisi Chelsea sendiri, kekalahan dari Arsenal ini merupakan yang kedua kalinya dalam 13 pertemuan terakhir. Dengan kata lain, Chelsea baru merasakan dikalahkan Arsenal pada musim ini.

Pertama pada pertemuan pertama mereka di Liga Primer Inggris dan yang kedua adalah final yang digelar malam hari kemarin.

375