Liga 1

(REVIEW) Persipura 3-1 Barito Putera: Pahabol Berpesta

Selasa, 30 Mei 2017 19:36 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© twitter.com/Liga1Match
Persipura 3-1 Barito Putera. Copyright: © twitter.com/Liga1Match
Persipura 3-1 Barito Putera.

Persipura Jayapura berhasil lanjutkan tren positif usai meraup 3 poin dari tim tamu Barito Putera. Menjamu wakil Kalimantan di Stadion Mandala dalam lanjutan Gojek Traveloka Liga 1, Mutiara Hitam unggul 3-1.

Tiga gol tersaji di babak pertama, di mana Yohanes Ferinando Pahabol dan Muhammad Tahir membawa Persipura unggul 2-1. Sedangkan gol balasan Barito dicetak Dandi Maulana menit 31.

Babak I

Pertandingan baru berlangsung 14 menit, tuan rumah unggul 1-0 berkat gol yang dicetak andalan Persipura di lini depan, Ferinando Pahabol. Ia memanfaatkan umpan manis Friska Womsiwor untuk kemudian menceploskan bola ke gawang Shahar Ginanjar.

17 menit berselang, melalui skema yang tak kalah apik, Dandi Maulana sanggup menyamakan kedudukan menjadi 1-1, tapi skor sama kuat tak bertahan lama tatkala Tahir kembali membawa timnya untuk sementara unggul 2-1.

Pasca gol tersebut, Persipura mulai leluasa memainkan bola dari kaki ke kaki. Bermain tanpa Boaz yang biasa memimpin rekan-rekannya, anak asuh Liestiadi nyatanya mampu bermain lepas tanpa kendala berarti.

Kendati demikian, skor 2-1 bertahan hingga wasit Purnama meniup peluit panjang tanda pertandingan di babak pertama berakhir. Sekitar 8000 penonton cukup terhibur meski sempat was-was setelah tim tamu menyamakan kedudukan.

Babak II

Start lebih baik ditunjukkan Barito Putera memasuki interval kedua. Keberadaan Jacksen F Tiago sebagai juru taktik membuat Barito nampak sangat percaya diri walaupun di atas kertas kekuatan mereka sedikit di bawah Persipura Jayapura.

15 menit waktu berjalan, kedua kesebelasan masih belum menemukan ritme di babak kedua. Takut kelelahan karena bermain di bulan puasa cukup terlihat di atas lapangan, di mana 22 pemain dari kedua tim nampak malu-malu melakukan penetrasi di jantung pertahanan lawannya.

Skor akhirnya berubah di menit ke-65. Adalah Marianus Mariyanto yang berhasil membobol gawang Ginanjar untuk ke-3 kalinya di pertandingan tersebut.

Pahabol layak diganjar sebagai man of the match. Sebab, di gol ke-4 yang terjadi di laga tersebut merupakan andil darinya. Setelah di babak pertama ia membuka keran gol, di gol ke-3 bagi timnya adalah hasil dari upayanya memberikan umpan manja ke Mariyanto.

Keunggulan 3-1 Persipura atas Barito Putera berhasil dipertahankan tuan rumah hingga wasit Dodi Setia Purnama yang memimpin jalannya pertandingan meniupkan peluit tanda 90 menit usai. Tambahan tiga poin di markas sendiri membawa Persipura merangkak naik ke posisi kedua klasemen sementara Liga 1.

Dengan begini, anak asuh Liestiadi mengumpulkan 16 poin hasil dari 8 pertandingan. Mereka menggusur PS TNI yang sebelumnya berada di posisi runner-up. Sialnya bagi Barito Putera, hasil ini memaksa mereka harus menerima kenyataan terpaku di posisi ke-14 dengan 10 poin saja.

Persipura Jayapura
Yoo Jae Hoon; Yustinus Pae, Dominggus Fakdawer, Riccardo Salampessy, Ferinando Pahabol, Ian Louis Kabes, Osvaldo Haay, Muhammad Tahir (Nelson Alom 77'), Imanuel Wanggai, Friska Womsiwor (Addison Alves 50'), Marinus Mariyanto

Barito Putera
Shahar Ginanjar; Valentino Telaubun, Ambrizal (Daniel Siogama Tata 56'), Aaron Michael Evans, Dandi Maulana Abdulhak, Rizky Rizaldi Pora (Syahroni 75'), Gavin Kwan Adsit, Fajar Handika, Paulo Oktavianus Sitanggang (Nazarul Fahmi 82'), Douglas Ricardo Packer, Matias Jesus Cordoba (David Laly 26')

994