(CUPLIKAN GOL) Italia 3-0 Uruguay: No Suarez, No Party!

Kamis, 8 Juni 2017 03:45 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© VALERY HACHE / Staff
Eder merayakan golnya ke gawang Uruguay. Copyright: © VALERY HACHE / Staff
Eder merayakan golnya ke gawang Uruguay.

Salah satu tim kuat asal Eropa, Italia, berhadapan dengan tim wakil dari Amerika Latin, Uruguay, dalam laga bertajuk persahabatan. Bermain di Allianz Riviera, kandang OGC Nice, Prancis, Timnas Italia menang dengan skor 3-0.

Baca Juga:

Babak Pertama

Bermain di tempat netral membuat kedua kesebelasan langsung menerapkan permainan terbuka mereka. Terlihat saat pertandingan baru berjalan 4 menit, Claudio Marchisio langsung mendapatkan kartu kuning akibat melanggar Jose Gimenez.

Pada menit 7, Italia berhasil unggul terlebih dahulu ketika Gimenez melakukan gol bunuh diri ke gawang Fernando Muslera. Pemain bertahan bernomor punggung 2 itu hendak membuang bola, hasil sentuhan dada Andrea Belotti. Namun sayang, bukan keluar lapangan bola justru masuk ke gawang timnya sendiri, 1-0 Italia memimpin pertandingan.

Tertinggal 1 gol, Uruguay pun mencoba membalas dengan menguasai jalannya pertandingan. Hal itu terlihat nyata, dengan penguasaan bola yang dipegang oleh Uruguay hingga 53 persen pada menit 30.

Terus tertekan, membuat Ciro Immobile turun membantu pertahanan Italia. Dirinya pun mendapatkan kartu kuning pada menit 40, ketika melakukan protes yang berlebihan kepada wasit akibat dorongannya kepada Diego Rolan. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Babak Kedua

Unggul 1 gol tak membuat Gli Azzurri mengendurkan serangan. Hal tersebut terlihat dengan jumlah penguasaan bola yang mereka pegang hingga 52 persen di menit 65.

Penyerang sayap Stephan El Shaarawy nyaris menggandakan keunggulan untuk Italia di menit 77. Tendangan jarak jauhnya masih mampu ditepis oleh Muslera, yang menghasilkan tendangan pojok untuk kubu Italia.

Pasukan Giampiero Ventura baru mampu menggandakan keunggulan ketika pertandingan memasuki menit 82. Memanfaatkan kesalahan yang terjadi antara Muslera dan pemain bertahan Uruguay, Eder yang tidak dikawal mampu menceploskan bola dengan kepalanya setelah menerima umpan dari Manolo Gabbiadini. 2-0 Italia menjauh.

Tak berhenti sampai situ. Italia kembali unggul berkat penalti yang dilesakkan oleh kapten baru AS Roma, Daniele De Rossi. Penalti didapatkan oleh Italia karena pelanggaran yang dilakukan oleh Jose Gimenez kepada El Shaarawy di penghujung babak kedua. 3-0 Italia memenangkan pertandingan.

Berikut starting XI kedua tim:

Italia: Donnarumma; Bonucci, Astori, Chiellini; Darmian, Candreva, De Rossi, Marchisio, Spinazola; Belotti, Immobile.

Uruguay: Muslera; Pereira, Giménez, Coates, Cáceres; Sánchez, Nández, Vecino, González; Urretaviscaya, Rolan.

3.7K