Sambut Liga U-19, PSM Junior Mulai Jalani Latihan Perdana

Kamis, 29 Juni 2017 10:40 WIB
Kontributor: Basri | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Muhammad Nur/INDOSPORT.
Latihan perdana para pemain PSM Makassar U-19. Copyright: © Muhammad Nur/INDOSPORT.
Latihan perdana para pemain PSM Makassar U-19.

Skuat Junior PSM Makassar mulai bersiap menyambut Liga U-19. Pemain PSM U-19 mulai menjalani latihan perdana di Lapangan Karebosi Makassar, Rabu (28/06/17) kemarin.

Dari 32 pemain yang lolos seleksi sebelum bulan Ramadhan lalu di Stadion Andi Mattalatta, Makassar. Hanya 28 pemain yang menyempatkan hadir, lantaran selebihnya masih dalam suasana libur Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Baca Juga

Pelatih PSM U-19, Herman Rante mengatakan, latihan perdana ini menitikberatkan pada kebugaran para pemain. Libur latihan selama Ramadhan, ditambah tradisi makanan hari lebaran dianggap membuat berat badan pemain berpotensi bertambah.

© Muhammad Nur/INDOSPORT.
Pelatih PSM Makassar U-19, Herman Rante. Copyright: Muhammad Nur/INDOSPORT.Pelatih PSM Makassar U-19, Herman Rante.

"Jadi latihan perdana ini kita titik beratkan pada kebugaran pemain. Rata-rata pemain Sulawesi Selatan, meski sebagian di antarannya ada dari luar kota," kata Herman Rante usai memimpin latihan pada Rabu (28/06/17) kemarin.

© Muhammad Nur/INDOSPORT.
Pemain PSM Makassar U-19 sudah latihan kembali pasca libur lebaran. Copyright: Muhammad Nur/INDOSPORT.Pemain PSM Makassar U-19 sudah latihan kembali pasca libur lebaran.

Meski demikian, Herman mengaku para pemain yang ikut dalam latihan ini belum sepenuhnya menjadi bagian dari PSM U-19. Ia mengaku latihan beberapa hari ke depan masih dalam tahap seleksi sehingga masih berpotensi pemain dilengserkan dan pemain baru masuk.

"Menurut manajemen PSM masih akan diseleksi, kita juga akan try out di luar. Jadi kalau ada pemain bagus, kenapa tidak? Kita akan rekrut. Intinya, kita akan cari pemain bagus agar PSM bisa lebih bagus lagi," sambungnya.

Media Officer PSM Makassar, Andi Widya Syadzwina menambahkan jika telah ada pemain terpilih, nantinya dikatakan akan disodorkan draft kontrak. Namun, nominal nilai kontrak tentunya berbeda dengan pemain profesional yang berlaga di kasta Gojek Traveloka Liga 1.

"Nanti kalau sudah ada jumlah pemain tetap akan dikontrak, tapi tentunya beda nilai kontraknya. Mereka juga kalau bermain bagus memiliki peluang masuk tim senior," tambahnya.

© Muhammad Nur/INDOSPORT.
Para pemain PSM Makassar U-19 mendengarkan instruksi pelatih. Copyright: Muhammad Nur/INDOSPORT.Para pemain PSM Makassar U-19 mendengarkan instruksi pelatih.

PSM Makassar U-19 sendiri tergabung di grup 3 bersama Persipura Jayapura, Perseru Serui, Mitra Kukar, Persiba Balikpapan, dan Borneo FC. Berbede dengan grup 1 dan 2, untuk grup 3 menggunakan sistem Home Turnamen.

Kick Off Liga U-19 sendiri akan dimulai pada 8 Juli 2017 mendatang untuk grup 1 dan 2 dengan sisten home dan away. Sementara, untuk grup 3 baru akan dimulai pada awal Agustus 2017 mendatang dan sejauh ini belum ditetapkan venue pertandingan tuan rumah.